Teropong Bisnis | Homepage
Akhirnya Keluar Dari Fragile Five

Akhirnya Keluar Dari Fragile Five

0 Comments 🕔25.Feb 2014

Dalam dunia perekonomian, kita mengenal fragile five. Istilah ini digunakan untuk menyebut beberapa negara yang mempunyai kekurangan transaksi berjalan yang besar terhadap Produk Domestik Brito atau  PDB. Atau, dapat juga dikatakan negara yang mempunyai masalah pada perekonomiannya.

Sayangnya, Indonesia termasuk dalam negara-negara ini. Selain Indonesia, dalam kelompok fragile five, juga dapat ditemui negara-negara lain, seperti India, Afrika Selatan, Turki dan Brasil.

Seperti yang kita semua tahu, tahun lalu menjadi salah satu tahun kelam untuk perekonomian Indonesia. Nilai tukar Rupiah yang memburuk, tingkat inflasi yang tinggi dan juga defisit transaksi berjalan. Dan, sangatlah wajar bila Indonesia masuk dalam kelompok fragile five ini.

Tetapi, menurut Direktur Eksekutif dan Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI, Juda Agung, saat ini kita dapat bernafas lega. Indonesia mencatatkan hasil baik pada awal tahun ini. Defisit transaksi berjalan mengecil sampai pada level 1,98 persen pada kuartal IV 2013.

Akhirnya awal tahun ini, Indonesia dapat lepas dari kelompok fragile five. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya adalah membaiknya nilai tukar Rupiah dan surplus neraca pembayaran.

Selain itu, hal ini juga dipengaruhi oleh kondisi ekonomi Amerika Serikat (AS) saat ini. Sebelumnya, pasar global terguncang akibat pengumuman Bank Sentral AS, The Fed tentang kebijakan penarikan stimulus moneter mereka.

fragile five, keuangan, the fed, ekonomi

Akan tetapi, awal tahun ini, kondisi yang dibutuhkan untuk menjalankan kebijakan ini secara penuh belum tercapai. Contohnya, indeks pengangguran di AS yang masih tinggi. Oleh karena itu, banyak negara berkembang yang dapat bangkit akibat turbulensi yang diakibatkan kebijakan ini tahun lalu. Indonesia termasuk didalamnya.

Dan juga, adanya beberapa kebijakan Pemerintah Indonesia yang mampu memperbaiki kondisi akibat krisis 2013 lalu. Kepercayaan pelaku pasar juga membaik membuat investasi di pasar modal Indonesia juga meningkat.

Selain Indonesia, ada juga negara yang mempunyai potensi besar untuk keluar dari kelompok fragile five ini. Negara tersebut adalah India.

India berhasil mengatasi masalah defisit transaksi berjalan mereka dengan beberapa kebijakan. Contohnya, adanya kebijakan pembatasan impor dan lainnya.

Data detail mengenai kelompok fragile five ini dapat dilihat dari beberapa perbandingan defisit transaksi berjalan terhadap PDB negara-negara didalamnya. Pada tahun 2013, defisit transaksi berjalan Indonesia terhadap PDB mencapai 3 persen. Untuk Brasil mencapai 3,66 persen, India mencapai 4,6 persen, Turki mencapai 6,1 persen dan Afrika Selatan mencapai 6,3 persen.

Menurut Juda, dengan adanya penurunan defisit transaksi berjalan Indonesia ini, maka dapat dipastikan akan ada peningkatan fundamental ekonomi Indonesia. Dan, diperkirakan, tahun ini nilai ini akan semakin mengecil. Meskipun ada pesta politik tahun ini, dimana diperkirakan akan memperlambat perkembangan ekonomi, tetapi, Juda percaya bahwa Indonesia akan membaik.

fragile five, keuangan, the fed, ekonomi

BACA JUGA:

Kita Siap Menghadapi Kebijakan The Fed

Pro dan Kontra Iuran OJK

Similar Articles

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap 0

Investasi reksa dana dapat menjadi penolong Anda, saat Anda mengalami kesulitan keuangan di masa depan. Namun,

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan?

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan? 0

Investasi reksadana dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin berinvestasi. Dan, saat ini, ada banyak

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia 0

Saat ini banyak diantaranya negara yang mengalami trend deflasi yang disebut pula sebagai deflasi global. Sementara untuk

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil 0

Mungkin Anda tidak membayangkan bahwa yang Rp. 1.000.000 yang sepertinya tidak bisa digunakan untuk berbisnis

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan 0

Masalah keuangan seringkali hadir dalam hidup Anda dikarenakan Anda tidak dapat mengatur bagaimana penggunaan uang Anda.

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *