Teropong Bisnis | Homepage
7,6 Miliar Bilyet Uang Siap Dicetak Perum Peruri

7,6 Miliar Bilyet Uang Siap Dicetak Perum Peruri

0 Comments 🕔05.Jul 2014

Uang merupakan alat pembayaran utama yang digunakan oleh banyak orang. Namun, apakah Anda tahu darimana uang ini berasal? Uang yang beredar di Indonesia dicetak oleh Perum Peruri. Perusahaan ini diberi wewenang oleh Pemerintah untuk mencetak uang tunai yang digunakan untuk berbagai macam transaksi.

Saat ini, Perum Peruri mengungkapkan juga menerima pesanan untuk uang tunai Indonesia dari Bank Indonesia (BI). Jumlah yang dipesan cukup banyak, yaitu untuk uang kertas, pesanan datang sebanyak 7,6 miliar bilyet. Sedangkan untuk uang koin atau keeping, pesanan datang sebanyak 1,9 juta keeping. Pesanan ini datang dari Bank Indonesia untuk memenuhi kebutuhan uang pada tahun 2014.

Menurut Prasetio, Direktur Perum Peruri, jumlah uang yang diproduksi oleh perusahaan yang dia pimpin terus meningkat. Peningkatan ini terus terjadi selama 5 tahun terakhir. Pesanan yang datang untuk tahun ini terbilang sangat banyak. Bila dibandingkan dengan tahun lalu, pesanan yang datang dari Bank Indonesia untuk tahun ini meningkat sebanyak 5,3 miliar bilyet.

Peningkatan yang terjadi ini disebabkan oleh banyak hal. Menurut Prasetio, salah satu penyebab utamanya adalah kebutuhan uang tunai yang terus meningkat beberapa tahun belakangan ini. Untuk 5 tahun mendatang, Prasetio memprediksi bahwa kebutuhan akan uang tunai juga akan terus meningkat. Hal ini juga diindikasikan oleh Bank Indonesia yang memesan uang tunai dari Perum Peruri.

Apalagi, bila kita melihat apa yang akan terjadi di tahun depan, dimana akan diberlakukan MEA. Adanya MEA akan membuat persaingan dunia industri dan bisnis semakin sengit. Artinya perputaran uang tunai juga akan semakin cepat dan jasa Perum Peruri akan semakin di butuhkan.

Perum Peruri juga tidak hanya memproduksi uang tunai yang dibutuhkan oleh Indonesia. Perusahaan ini juga memproduksi segala produk untuk kebutuhan keuangan dan perbankan lainnya. Produk yang perusahaan ini produksi selain uang tunai adalah pita cukai, materai, buku tanah dan paspor.

Yang cukup membanggakan, Perum Peruri tidak hanya memproduksi produk untuk keperluan dalam negeri. Perusahaan ini juga berhasil merambah pasar luar negeri dan menjadi penyedia kebutuhan produk serupa dari negara lain. Negara-negara lain yang berhasil dijangkau oleh Perum Peruri antara lain adalah Nepal, Timor Leste dan juga negara-negara di daerah Timur Tengah.

Bahkan, saat ini Perum Peruri juga sedang membicarakan kerjasama baru dengan negara Filipina. Bila kerjasama ini berhasil, maka, jangakauan pemasaran Perum Peruri akan semakin meluas.

Selain itu, Perum Peruri juga memperhatikan kualitas dari uang yang mereka produksi. Hal ini juga berlaku untuk pesanan dan kerjasama yang berasal dari negara lain. Selain kualitas, desain, penanganan bencana dan situasi yang mendesak juga mereka perhatikan. Dengan demikian, produk yang mereka produksi sangat memuaskan.

perum peruri, ekonomi, artikel ekonomi, nilai tukar rupiah, managemen keuangan

BACA JUGA:

Indeks Saham S&P 500 Mencatat Rekor Penguatan Pekan Ini

Harga Emas Melonjak Tajam

Similar Articles

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap 0

Investasi reksa dana dapat menjadi penolong Anda, saat Anda mengalami kesulitan keuangan di masa depan. Namun,

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan?

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan? 0

Investasi reksadana dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin berinvestasi. Dan, saat ini, ada banyak

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia 0

Saat ini banyak diantaranya negara yang mengalami trend deflasi yang disebut pula sebagai deflasi global. Sementara untuk

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil 0

Mungkin Anda tidak membayangkan bahwa yang Rp. 1.000.000 yang sepertinya tidak bisa digunakan untuk berbisnis

BI Ungkapkan Kesiapan Hadapi Pelemahan Nilai Tukar Rupiah

BI Ungkapkan Kesiapan Hadapi Pelemahan Nilai Tukar Rupiah 0

BI (Bank Indonesia) menyampaikan bahwa pihaknya yakin bahwa BI masih mempunyai kekuatan untuk menjadikan rupiah

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *