Teropong Bisnis | Homepage
6 Tugas Pemerintah untuk Memajukan Industri Keuangan

6 Tugas Pemerintah untuk Memajukan Industri Keuangan

0 Comments 🕔29.Aug 2014

Industri keuangan sangat berperang penting di Indonesia. Untuk itulah, Muliaman D Hadad selaku Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan atau OJK menuturkan bahwa ada beberapa prioritas yang harus diperhatikan oleh pemerintah khususnya di industri keuangan. Prioritas pemerintah di industri keuangan tersebut meliputi:

Pengembangan kelembagaan Industri Keuangan

Pengembangan dilakukan pada sektor perbankan dan non perbankan. Tujuan dari pengembangan tersebut adalah untuk mendorong persaingan di industri keuangan. Diharapkan, dengan pengembangan sektor tersebut, industri keuangan mampu mendorong pembiayaan beberapa sektor lain seperti infrastruktur, pertanian dan perindustrian. Hal ini harus disokong karena industri perbankan juga berkembang dengan membuka bidang jasa keuangan lainnya seperti asuransi, dana pensiun, dan sekuritas. Profitnya juga semakin membesar dari tahun ke tahun.

Pengembangan produk dan layanan jasa keuangan

Dengan hadirnya anak usaha yang berkembang dari hari ke hari maka produk dan layanan jasa keuangannya juga harus prima dan sesuai dengan kebutuhan di pasar. Pengembangan tersebut tidak hanya dilakukan oleh lembaga perbankan saja melainkan juga lembaga keuangan non bank dan pasar modal.

Perluasan akses pasar

Perkembangan yang sudah dilakukan sejauh ini tidak akan berdampak signifikan tanpa adanya akses pasar. Dengan adanya akses pasar yang luas, maka industri keuangan juga akan berkembang karena produk dan layanan jasa mereka dapat dimanfaatkan oleh masyarakat bahkan yang baru pertama kali merasakan jasa layanan dan produk keuangan.

Petugas teller melayani nasabah di Kantor Cabang Khusus Bank BRI, Jalan Jenderal Soedirman, Jakarta, Selasa (4/1).

Edukasi dan pengembangan sumber daya manusia

Tentu saja, semua pengembangan di atas harus didukung oleh sumber daya manusia yang mumpuni. Dengan adanya sumber daya manusia maka industri ini akan semakin kuat karena semua tujuan bisa tercapai.

Perbaikan Layanan

Layaknya bisnis pada umumnya, layanan menjadi elemen penting demi kepuasan pembeli atau pelanggan. Dengan semakin tingginya aktivitas bisnis umumnya layanan justru menurun dan hal tersebut sebisa mungkin harus dihindari. Perbaiki layanan yang kurang dan pertahankan yang sudah baik.

Regulasi antar sektor dan pengawasan

Saat ini, pembiayaan lembaga keuangan mengandalkan pembiayaan dalam jangka waktu yang pendek. Contohnya, bank membutuhkan dana pihak ketiga. Sebaliknya, sektor riil membutuhkan pembiayaan jangka panjang. Revilitasi pembiayaan adalah hal penting yang harus dilakukan khususnya jika perbankan ingin meningkatkan perannya dalam mengembangkan sektor riil. Pasar modal dan dana pensiun bisa digunakan sebagai alat untuk melakukan revilitasi pembiayaan.

Hal semacam ini sebenarnya buka saja tugas pemerintah tetapi semua pihak yang terkait. Interkonektivitas yang tinggi menjadikan pendalaman pasar keuangan juga harus menjadi perhatian. Memang banyak sekali yang masih harus diperhatikan untuk mengembangkan industri ini. Namun, jika pengembangan bisa dilakukan dengan baik, bukan tidak mungkin industri keuangan akan semakin menunjukkan hasil yang signifikan. Pengembangan dan perhatian dari Muliaman tersebut memang patut untuk dipertimbangkan.

2.6 Tugas Pemerintah untuk Memajukan Industri Keuangan3

Baca Juga :

Kondisi Laba Bersih Industri Perbankan Saat Ini

Gairah Baru Industri Uang Elektronik, Dengan Aturan Baru dari BI

Similar Articles

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kulik Lebih dalam Tentang Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap 0

Investasi reksa dana dapat menjadi penolong Anda, saat Anda mengalami kesulitan keuangan di masa depan. Namun,

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan?

Siap Cicipi Investasi Reksadana yang Menguntungkan? 0

Investasi reksadana dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin berinvestasi. Dan, saat ini, ada banyak

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia 0

Saat ini banyak diantaranya negara yang mengalami trend deflasi yang disebut pula sebagai deflasi global. Sementara untuk

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil

Mulai Investasi dari Modal yang Kecil 0

Mungkin Anda tidak membayangkan bahwa yang Rp. 1.000.000 yang sepertinya tidak bisa digunakan untuk berbisnis

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan

6 Tips Sederhana Bebas Masalah Keuangan 0

Masalah keuangan seringkali hadir dalam hidup Anda dikarenakan Anda tidak dapat mengatur bagaimana penggunaan uang Anda.

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *