Teropong Bisnis | Homepage
Usaha Tirto Utomo Semakin Mengalir Deras Bersama Air Minum Aqua

Usaha Tirto Utomo Semakin Mengalir Deras Bersama Air Minum Aqua

0 Comments 🕔26.Aug 2013

Siapa yang belum pernah minum Aqua. Aqua menjadi air mineral kemasan yang memang sudah sangat dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Aqua juga menjadi air mineral kemasan yang bertahan sangat lama. Kita sendiri sudah mengenal Aqua sejak jaman dahulu.

Semua orang pasti bertanya sebenarnya siapa pendiri dari perusahaan air minum Aqua ini. Mengapa akhirnya Aqua bisa sangat laris dan meraup keuntungan yang sangat besar. Bagi sebagian besar orang tentu membuat bisnis air mineral kemasan tidak terlintas dipikiran namun untuk Tirto Utomo, pemilik perusahan air minum Aqua, semua ini adalah bisnisnya yang membanggakan.

Siapa sebenarnya Tirto Utomo? Mengapa akhirnya dia menjalankan bisnis ini ketimbang bisnis lainnya? Tentu saja awal bisnis juga tidak akan berjalan mudah. Banyak sekali hambatan dan hal yang sama juga dialami oleh Tirto Utomo bersama air mineral Aqua.

68.a Usaha Tirto Utomo Semakin Mengalir Deras Bersama Air Minum Aqua

Profil Tirto Utomo

Nama Tirto Utomo mungkin memang tidak seterkenal air mineralnya ini. Dia adalah seorang pria yang dilahirkan di sebuah desa di Wonosobo, Jawa Tengah sekitar tahun 1930. Tirto Utomo walaupun anak desa sangat berkeinginan untuk bersekolah. Oleh karena itu Tirto sampai harus menempuh jarak 60 km untuk mencapai SMPnya yang memang ada di Magelang.

Kehidupan masa kecilnya memang sudah berkecukupan. Sebagai anak dari pengusaha ternak dan susu sapi tentu saja Tirto kecil memang sudah banyak mengenal dunia bisnis. Setelah lulus dari SMP, Tirto kemudian melanjutkan sekolahnya ke sekolah setingkat SMA di masa Belanda di Semarang dan dilanjutkan lagi ke Malang. Di Malang inilah dia bertemu dengan belahan jiwanya Lisa.

Latar pendidikan Tirto memang tdiak begitu jelas karena dia berpindah-pindah jurusan. Dia juga banyak menulis artikel berita ketimbang melanjutkan bisnis seperti ayah ibunya. Tirto dikenal bekerja sebagai pemimpin redaksi namun tahun 1959 dia diberhentikan dan tentu saja pekerjaannya menjadi tidak menentu. Karena di PHK, Tirto kemudian melanjutkan pendidikannya di bidang Hukum yang pernah ditinggalkannya.

68.c Usaha Tirto Utomo Semakin Mengalir Deras Bersama Air Minum Aqua

Karir Mulai Menanjak

Setelah badai PHK itu dan setelah melanjutkan sekolahnya, dia diterima di Permina. Ketika bekerja di Permina itulah dia mempunyai ide untuk menjual air mineral kemasan. Setelah usia 48 tahun dan dia memutuskan pensiun dari Permina, dia semakin gigih menjalankan bisnisnya ini. Dia meluncukan produk pertama Aqua pada tahun 1974.

Nama Aqua ini sendiri adalah nama dari desainer logo Singapura. Nama Aqua dipilih karena mudah diucap dan juga diingat. Benar saja perusahannya ini memang maju pesat. Di awal karirnya dia hanya punya 38 karyawan namun sekarang anak buahnya tentu meningkat drastis dan usahanya semakin dikenal apalagi setelah bekerja sama dengan Danone.

Aqua memang sudah dipercaya oleh masyarakat Indonesia dan dunia. Kualitas air yang semakin baik dan tentu lebih sehat membuat semua orang memilih Aqua sebagai air minum setiap harinya. Kini Aqua digunakan tidak hanya dirumah namun di banyak perusahaan besar juga.

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *