Teropong Bisnis | Homepage
Usaha Keras Sang Pendiri Lembaga Bimbingan Belajar Terbesar di Indonesia

Usaha Keras Sang Pendiri Lembaga Bimbingan Belajar Terbesar di Indonesia

0 Comments 🕔16.Apr 2013

Saat ini banyak orang yang pusing tentang bagaimana caranya bisa dapat kerja. Lowongan pekerjaan dari berbagai perusahaan dirasa kian mepet sedangkan persaingan untuk meraih jabatan tertentu kian ketat. Ijazah seakan menjadi hal wajib dalam pola tersebut. Padahal banyak sekali pengusaha yang penghasilannya sudah bernilai milyaran justru tidak mengandalkan ijazah mereka untuk membangun kerajaan bisnis mereka.

Bahkan, banyak yang sekolah atau kuliahnya tak lulus tapi mampu meraih kesuksesan besar melalui bisnis yang dibangun dan dikembangkan. Alih-alih mencari kerja untuk mengais rejeki, mereka bahkan menciptakan lapangan kerja bagi lebih banyak orang.

Keberanian Untuk Mulai Berusaha  

Selain keinginan kuat untuk membangun usaha keberanian juga berperan penting dalam menentukan masa depan. Banyak orang yang meraih sukses justru karena ia berpikir di luar mainstream. Ketika orang menuntut agar lulus kuliah untuk meraih ijazah orang tersebut justru berpikir sebaliknya. Ia pun berani meninggalkan bangku kuliah untuk memulai usaha.

Salah satu pengusaha Indonesia yang memulai usaha dari 0 yang rela mengorbankan kuliah justru untuk kesuksesannya adalah Purdi E. Chandra. Ia adalah pendiri Primagama yang menjadi pusat bimbingan belajar terbesar di Indonesia saat ini.

Perjalanan Karir Seorang Purdi E. Chandra

Perjalanan seorang Purdi untuk menjadi pengusaha sukses melewati berbagai proses yang sangat sulit. Ketika ia masih berkuliah di 4 fakultas dari dua Perguruan Tinggi Negeri di Yogyakarta, yaitu UGM dan UNY ia tidak merasa meraih hal istimewa. Mental usaha putera kelahiran Lampung 8 September 1959 ini sudah muncul semenjak ia masih di bangku SMP. Pada masa itu Purdi menjual telur dari ayam dan bebek yang diternaknya. Lembaga Bimbingan Test Primagama yang kemudian berubah menjadi Lembaga Bimbingan Belajar Primagama didirikan pada tanggal 10 Maret 1982 bersama teman-temannya.

Usaha Keras Sang Pendiri Lembaga Bimbingan Belajar Terbesar di Indonesia

Demi mengembangkan lembaga bimbingan belajar tersebut, Purdi akhirnya memutuskan untuk keluar dari bangku kuliah. Pada awal usahanya Purdi harus berjuang keras untuk membangun Primagama. Purdi cukup beruntung karena sejak awal usahanya merantau ke Yogyakarta didukung oleh kedua orang tuanya. Usahanya pun mendapat dukungan penuh dari istri dan kedua anaknya. Bahkan pada awal berdiri, sang istri Triningsih Kusuma Astuti ikut berkeliling Indonesia untuk membuka cabang baru. Awal mula bisnis bimbingan belajar tersebut dimulai dengan cukup sederhana.

Untuk modal usaha Purdi terpaksa melego motornya seharga Rp 300 ribu untuk menyewa sebuah tempat kecil. Murid pertamanya hanya 2 orang dan mereka pun masih tetangganya Purdi dengan biaya les hanya 50 ribu untuk dua bulan. Usaha bimbingan belajar ini berkembang pesat karena pada masa itu belum banyak orang yang melirik usaha tersebut sebagai pilihan bisnis yang menjanjikan sehingga Purdi tidak memiliki banyak pesaing. Setelah kian lama berkembang akhirnya Primagama menjadi Lembaga Bimbingan Belajar terbesar di Indonesia dengan outlet yang tersebar di 106 kota sebanyak 200 buah dan omzet per tahun hingga 70 milyar.

Gambar: Primagama.co.id

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *