Teropong Bisnis | Homepage
Unik dan Berani, Kunci Sukses Andi dalam Bisnis Microfinance

Unik dan Berani, Kunci Sukses Andi dalam Bisnis Microfinance

0 Comments 🕔01.Mar 2014

Sudah impian setiap sarjana untuk bekerja di perusahaan besar dan bila mungkin, perusahaan multinasional. Andi Taufan Garuda Putra pun berpikir seperti itu. Setelah lulus dari jurusan Manajemen Bisnis ITB tahun 2008, dia berhasil masuk ke perusahaan multinasional IBM.

Tetapi, masa bekerjanya di IBM hanya digunakan Andi untuk mencari pengalaman dan mencuri ilmu mereka. Akhirnya, 2009 dia mengundurkan diri dan mulai menekuni bisnis microfinance.

Alasan Andi melakukan hal ini dapat dikatakan cukup mulia. Dia ingin membantu golongan menengah ke bawah di daerah Ciseeng, Bogor dengan menyediakan solusi finasial untuk mereka. Banyak diantara mereka belum mengenal bank dan meminjam kepada rentenir. Dampaknya, sudah sangat jelas, mereka mengalami masalah karena hal ini.

Dengan modal Rp. 10 juta, Andi mendirikan Amartha Microfinance. Awalnya, dia hanya mendapatkan 5 nasabah. Tetapi, setelah beberapa tahun berjalan, nasabahnya berkembang menjadi 5.000 nasabah.

Omzet yang didapat cukup banyak, bahkan mencapai miliaran. Hal ini dilihat dari platfon pinjaman pertama yang mencapai Rp. 1 juta dan bila dihitung jumlah nasabah perusahaannya, maka jumlah tersebut sangat masuk akal.

Keluarganya sempat menentang idenya ini. Tetapi, Andi berhasil meyakinkan mereka. Hasilnya, sudah ada 5 cabang Amartha Microfinance, di Ciseeng, Tenjo, Jasinga, Bojong gede dan Kemang. Andi menjalankan bisnis microfinance miliknya ini dengan dibantu 40 orang karyawan.

Kunci kesuksesan bisnis Andi ini adalah adanya sistem pemberdayaan komunitas. Andi memasang target nasabah ibu-ibu dari golongan menengah ke bawah.

microfinance, amartha, pebisnis, inspirasi

Uniknya, untuk mendapatkan pinjaman, para ibu-ibu ini harus membentuk satu kelompok. Tiap kelompok terdiri dari 12 orang dengan 1 orang sebagai koordinator. Koordinator bertugas mengatur aliran dana di tiap kelompoknya.

Bila ada salah satu anggota yang tidak mampu membayar, maka hal tersebut menjadi tanggungan kelompok tersebut. Mereka dapat patungan membayarkan angsuran pinjaman. Dan, mereka juga dapat menentukan aturan sendiri untuk kelompoknya tentang hal ini.

Cara ini dapat dikatakan sangat menguntungkan untuk kedua belah pihak. Untuk nasabah, mereka dapat lebih mudah membayar pinjaman mereka.

Untuk perusahaan Andi, penyaluran kredit menjadi lebih kuat. Selain itu, resiko gagal bayar juga rendah. Sistem ini juga digunakan Andi untuk mendidik nasabahnya mengenai rasa tanggung jawab dan keterikatan yang kuat.

Selain itu, Andi juga menerapkan sistem reward. Bila kelompok ini berhasil membayar, mereka mendapatkan kesempatan untuk mengajukan pinjaman lebih besar.

Perusahaan Andi juga memberikan edukasi kepada nasabahnya. Konsultasi yang diberikan berupa bimbingan tentang penggunaan uang pinjaman. Contohnya, untuk modal usaha, Amartha memberikan bimbingan tentang usaha yang tepat untuk mereka.

Berkat kerja kerasanya membangun bisnis microfinance ini, Andi mendapatkan beberapa penghargaan. Contohnya, Finalis Indonesia MDGs Awards, Finalis IPA Social Innovations and Enterpreneurship (Solve) Award, Penerima SATU Indonesia Award, Finalis Global Entrepreneurship Program Indonesia (GEPI), Penerima Ashoka Young Change Makers Awards, dan Muda Berkarya.

microfinance, amartha, pebisnis, inspirasi

BACA JUGA:

Keberanian Dan Kreativitas Resep Kesuksesan Bisnis Mircofinance Andi

Menjadi Milyader Dari Bisnis Pigura

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *