Teropong Bisnis | Homepage
Tri Sumono, dari 0 Hingga Menjadi Miliarder

Tri Sumono, dari 0 Hingga Menjadi Miliarder

0 Comments 🕔15.Apr 2013

Menjadi kaya tentu hak setiap orang. Selama ini banyak orang berpendapat hanya orang yang bertitel yang bisa memupuk harta dan menjadi orang kaya. Kenyataannya, banyak juga orang yang bisa dibilang tidak memiliki titel bahkan tidak mengenyam pendidikan tinggi bisa menjadi orang sukses. Kunci utama mereka adalah ketekunan, etos kerja yang tinggi, mau berimprovisasi dan pantang berputus asa.

Kadang bahkan titel yang tinggi menjadi bumerang bagi orang-orang yang berpikiran sempit. Karena sudah meraih gelar tertentu dia enggan untuk bekerja di tempat-tempat yang dianggapnya “rendahan” sedang dia sendiri kesulitan untuk mendapat kerja dengan posisi strategis di perusahaan-perusahaan besar atau instansi penting tertentu.

Kesungguhan Modal Keberhasilan

Di lain pihak ada juga orang yang memulai usahanya dari 0 bahkan dari minus, karena yang diandalkan hanyalah insting berusaha kerasnya saja, tetapi sekarang sudah bisa meraup untung besar dengan pendapatan perbulan yang jauh di atas para pegawai bertitel. Salah satu pengusaha Indonesia yang memulai usaha dari 0 tersebut adalah Tri Sumono yang kini bisa meraup omzet per bulan hingga miliaran rupiah dari usaha yang dimilikinya padahal sebelumnya ia hanya tukang sapu. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah perjalanan Tri dari 0 hingga miliaran tersebut.

Perjalanan Usaha Tri Sumono Hingga Menjadi Seorang Miliarder

Tri Sumono memutuskan untuk mengadu nasib di Jakarta pada tahun 1993 dengan hanya bekal ijazah SMA nya. Pria kelahiran 7 Mei 1973 di Gunung Kidul tersebut bisa dibilang hanya bermodal nekat ketika memutuskan bekerja di Ibu kota, karena ia sendiri bisa dibilang tidak memiliki keahlian khusus. Pengalaman kerja di Jakarta dimulai dengan hanya menjadi kuli bangunan di Ciledug, Jakarta Selatan. Pekerjaan ini tidak lama dijalani karena kemudian Tri ditawari menjadi tukang sapu di kantor Kompas Gramedia. Karena pekerjaannya yang dianggap baik iapun “naik pangkat” menjadi office boy. Justru dari pekerjaan yang sederhana tersebut Tri mengenal disiplin kerja yang kelak menjadi modal untuk sukses.

Untuk tambahan penghasilan Tri bersama istrinya berdagang aksesoris di Gelora Bung Karno. Barang yang didagangkan pada waktu itu adalah barang titipan. Setelah memiliki modal iapun memutuskan untuk keluar dan mulai berwirausaha dengan menjual aksesoris bermodal uang Rp 700.000. Melalui usaha tersebut keuntungan yang diraih kian meningkat bahkan pernah meraup omzet hingga 3 sampai 5 juta seminggu. Pada tahun 2003 Tri mendirikan CV 3 Jaya dengan modal sebesar Rp 70 juta. Salah satu usaha yang dilakukan Tri pada waktu itu adalah membuat sari kelapa dengan pertimbangan belum banyak pesaingnya.

Meski awalnya sempat tersendat-sendat, dengan kesungguhannya usaha produksi sari kelapa tersebut akhirnya bisa lancar bahkan Direktur PT San san Abadi, Christian Setyadi tempat Tri memasok sari kelapanya mau mengucurkan Rp 2 milyar sebagai modal usaha. Dengan modal tersebut usaha Tri kian berkembang dengan mendirikan perusahaan pengemasan untuk  berbagai produk konsumsi. Bahkan omzet yang diraih Tri kian meningkat setelah ia juga memproduksi kopi jahe dalam kemasan bermerk Hootrii.

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *