Teropong Bisnis | Homepage
Susana Darmawan, Dari Hobi Menjadi Hoki

Susana Darmawan, Dari Hobi Menjadi Hoki

0 Comments 🕔15.Dec 2013

Tidak ada yang pernah menyangka bahwa Susana Darmawan dapat sukses seperti sekarang karena hobi membuat kuenya. Dia memang sangat menyukai mengaduk adonan dan membuat kue sejak umur 7 tahun. Susana belajar dari tantenya.

Kecintaannya pada kue ini diwujudkan dengan mengambil kursus di The Culinary Institute of America, New York, Amerika Serikat. Dia juga kuliah bisnis perhotelan disana.

Setelah lulus, putri dari pengusaha besar Darmawan ini mendirikan PT Prima Hidup Lestari. Dan seperti kecintaannya, perusahaan ini bergerak di bidang kuliner, tepatnya bakery dan cake. Dia lalu meluncurkan label Clairmont Patisserie yang artinya gunung yang tampak jelas.

Modal yang digunakan pada awal mendirikan usaha ini cukup besar yaitu lebih dari Rp. 100 juta. Susana mengawali usaha ini dengan 25 orang karyawan dan menjual berbagai kue yang populer saat itu, seperti blackforest, cheese cake dan lainnya.

Alhasil, Susana Darmawan sukses dengan bisnisnya ini. Dia berhasil membuka cabang baru dan sekarang sudah ada 4 toko Cake Shop Clairmont Patisserie. 4 tokonya ini terletak di Gandaria sebagai pusatnya, Kelapa Gading, Margaguna dan Bintaro Plaza.

susana darmawan

Jumlah karyawannya juga bertambah menjadi 150 orang dan usahanya ini mampu membuat 10.000 cake setiap bulannya. Jumlah ini bertambah dua kali lipat saat Lebaran atau Natal atau momen-momen khusus lainnya.

Menurut Susana, untuk membuka toko baru dibutuhkan investasi yang cukup besar yaitu Rp. 2 miliar. Dia memilih warna ungu cerah di tokonya untuk meningkatkan semangat bekerja timnya.

Jenis kue yang dibuat di toko milik Susana Darmawan ini cukup banyak. Ada sekitar 25 macam. Kue-kue seperti Tripel Chocolate, Blue Velvet, Rainbow Cake dan lainnya tersedia disini. Akan tetapi, yang menjadi unggulan adalah Tiramisu dan New York Cake.

Selain ragamnya yang banyak, Susana mengungkapkan keunggulan lain kue buatannya adalah bahan alami yang dia gunakan. Dia tidak menggunakan bahan kimia berbahaya, seperti pengental, pengawet atau pewarna. Susana lebih memakai bahan alami seperti mascarpone cheese dan coffee syrup untuk rasa dan warna, sehingga aman.

Selain bahan alami, bahan yang digunakan juga terbaik, mulai dari susu, cokelat, pewarna dan lainnya. Contohnya pada Criollo au Chocolate yang menggunakan premium cream chees dari New Zealand. Atau, bahan cokelat yang dia impor dari Eropa.

Selain kue, tokonya juga menyediakan beragam jenis cookies. Tepatnya ada 18 macam, seperti kastengels, nastar dan lainnya. Ada juga parsel dan gift yang dijual di tokonya.

Susana juga menyediakan layanan pesan antar khusus untuk daerah DKI Jakarta. Dia juga menerima permintaan desain kue, persel baik untuk personal atau corporate.

Susana Darmawan adalah salah satu contoh dimana kesuksesan dapat datang dari hal yang anda sukai. Jadi, bila Anda mempunyai hobi, mungkin bila Anda memanfaatkannya dengan benar, hobi tersebut akan menjadi tambang emas Anda.

susana darmawan

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *