Teropong Bisnis | Homepage
Sukamdani Pemilik Sahid Group, Contoh Nyata Kerja Keras Berbuah Kesuksesan

Sukamdani Pemilik Sahid Group, Contoh Nyata Kerja Keras Berbuah Kesuksesan

0 Comments 🕔07.Dec 2013

Grand Hotel Sahid adalah hotel yang termasuk dalam Sahid Group. Pendiri Sahid Group adalah Sukamdani Sahid Gitosardjono, yang lahir pada 14 Maret 1928 dari pasangan R Sahid Djogosentono, seorang tukang jahit dan R Ngt Hj Sadinah pedagang di warung kecil-kecilan.

Sejak usia 8 tahun, Sukamdani sudah rajin membantu orang tuanya untuk bekerja. Biasanya, dia mendapatkan imbalan dari ibunya. Dia tabung uang imbalan ini dan setelah terkumpul, dibelikan ayam, kambing dan kerbau.

Pada saat perang tahun 1945, Sukamdani juga berinisiatif menukar batik yang dia kumpulkan dari rakyat dengan beras untuk memberi makan tentara Indonesia. Tahun 1948-1950, dia yang kala itu menjadi pengusaha juga membantu tentara dengan menukar gaplek dari Wonogiri dengan beras.

Setelah perang usai, Sukamdani pergi ke Jakarta pada tahun 1952. Hanya bermodal koper dan sepeda, dia bekerja sebagai pegawai negeri sipil di Kementrian Dalam Negeri.

Sukamdani  keluar dari pekerjaan ini, karena ingin memiliki usaha sendiri. 27 Mei 1953, dia menikah dengan Juliah, seorang putri Mangkunagaran dan pada 1 Juni tahun yang sama, dia membuka usaha percetakan dengan nama NV Harapan Massa.

Istrinya sangat mendukung usahanya ini. Dari kerja keras mengoperasikan usaha percetakan ini, Sukamdani mempunyai banyak relasi. Sukamdani juga senang berorganisasi. Dan, dari kesukaannya berorganisasi ini, dia dapat bertemu dengan Presiden Soekarno.

Bisnis percetakan ini berjalan sangat baik. Saat itu adanya proses pemindahan ibukota Indonesia dari Yogyakarta ke Jakarta, dan Pemerintah membutuhkan banyak dokumen untuk dicetak.

Tahun 1958, Sukamdani mendirikan PT Tema Baru dan  menjadi Presiden Direktur. Usaha percetakan ini semakin berkembang dan dia banyak mendapatkan pesanan dari lembaga Pemerintahan. Tahun 1962, Sukamdani akhirnya berhasil memiliki 3 percetakan di Jakarta dan 1 di Solo.

Awal mula jaringan hotel Sahid Group didapatkan pada tahun 1960, saat Sukamdani harus menginap lama di suatu hotel di Medan. Dia menggunakan uang dari usaha dagang kertas dan percetakan sebagai modal dan bahkan semen selundupan untuk membangun hotel karena pada saat itu mencari semen sangatlah sulit.

Setelah itu, banyak bisnis yang Sukamdani bangun, seperti mendirikan Akademi Grafika tahun 1965, Sekolah Tinggi Grafika, Akademi Perhotelan pada 1988, dan lainnya.

Sukamdani juga berhasil membuat Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) menjadi mitra Pemerintah. Sukamdani juga pernah menjabat sebagai ketua umum Kadin pada 1982 dan 1985, Ketua Umum Kadin Asean 1987-1988 dan dari sini, dia juga berhasil memprakarsai perbaikan hubungan Indonesia-China yang sempat terputus sejak 1967.

Hotel milik Sukamdani sudah mencapai 14 hotel dengan 2750 kamar. Tahun 2013, dia akan membangun 30 hotel lagi. Dari kerja kerasnya ini, Sukamdani mendapatkan 15 tanda jasa dan bintang kehormatan.

Ada 5 kunci kesuksesan pemilik Sahid Group ini, yaitu jujur pada Tuhan dan diri sendiri, disiplin waktu dan teguh mengejar tujuan, bertanggung jawab kepada diri sendiri dan orang lain, kerja keras dan berprestasi yang direstui Allah dan orang lain

Sukamdani juga mengurus pesantren di Bogor. Dia menginginkan agar setiap santrinya mempunyai jiwa bisnis. Dengan demikian, mereka akan sukses dunia akhirat.

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *