Sosok Pengusaha Sukses Indonesia Chairul Tanjung

Teropong Inspirasi
chairul-tanjung-4

Kesuksesan merupakan hal yang tidak mustahil untuk diraih, apalagi jika kita tidak menyerah dalam menghadapi segala tantangan yang ada. Sosok pengusaha sukses berikut ini patut anda jadikan sebagai teladan. Beliau adalah Chairul Tanjung. Siapa yang tidak kenal dengan konglomerat sukses di Indonesia ini? Dalam membangun bisnisnya yang dilakukan saat ini, tentunya pengalaman jatuh bangun, dan pahit manisnya bisnis pernah beliau rasakan. Beliau dulunya bersekolah di SMA Boedi Oetomo di tahun 1981. Selanjutnya setelah lulus SMA, Chairul Tanjung melanjutkan pendidikannya di Universitas Indonesia. Disitu beliau mengambil jurusan dokter gigi.

chairul-tanjung-1

Pernah Gagal Dalam Berbisnis Tetapi Mampu Bangkit Lagi

Pengalamannya dalam berbisnis dimulai sejak saat itu. Untuk memenuhi kebutuhan kuliah yang dijalaninya, beliau pun mulai untuk membuka usaha foto copy di kampusnya sendiri. Selain itu beliau juga menjual buku kuliah dan juga kaos-kaos di kampusnya. Berhasil dalam melakoni bisnisnya tersebut, Chairul Tanjung memutuskan untuk membuka usaha baru, yakni laboratorium peralatan dokter. Sayangnya usaha yang satu ini tidak begitu memberikan potensi keuntungan yang maksimal. Malah pada akhirnya usaha ini bangkrut dan beliau menderita kerugian yang cukup banyak. Tetapi beliau tidak menyerah karena kegagalan tersebut, sebaliknya malah termotivasi untuk melakukan yang lebih baik lagi di kemudian hari. Ini dibuktikan oleh beliau pada saat lulus kuliah.

Selepas lulus kuliah, beliau mendirikan sebuah perusahaan bernama PT. Pariarti Shindutama dengan modal awal 150 juta rupiah dari sebuah bank. Perusahaan tersebut nyatanya sanggup memberikan kesuksesan yang gemilang. Terbukti dengan banyaknya pesanan dari Italia dan juga Negara-negara lainnya. Akan tetapi timbul kendala lagi di bisnisnya ini. Beliau memiliki perbedaan visi dan misi dengan 2 partner bisnisnya. Inilah yang kemudian membuat Chairul Tanjung memutuskan untuk memisahkan diri dari PT. Ariarti dan memilih untuk membuka usahanya sendiri. Kepandaian beliau dalam membangun sebuah jaringan usaha dan mengolah peluang yang ada menjadikan usaha baru yang didirikannya menjadi berkembang luas. Bahkan dikenal di seluruh Indonesia.

chairul-tanjung-2

Perusahaan-Perusahaan yang Dibawahi oleh Chairul Tanjung

Chairul Tanjung kini menjadi sosok yang ternama dan terkenal. Dia memimpin beberapa perusahaan financial yang sudah tidak asing lagi di telinga anda, yakni Asuransi Umum Mega, Bank Mega Syariah, Mega Finance, dan masih banyak lagi. Tidak hanya sukses dalam bidang layanan financial saja, beliau juga sukses dalam bidang property. Beberapa perusahaan yang dibawahinya adalah Para Bandung Propertindo, dan Mega Indah Propertindo. Beliau sendiri beropini bahwa dalam membangun sebuah bisnis, Network atau jaringan merupakan hal yang paling penting untuk dibangun dan dikembangkan. Beliau juga menuturkan bahwa jaringan dan rekan kerja yang baik akan bisa membuat perusahaan yang sudah ternama menjadi makin populer. Satu hal yang harus dimiliki oleh pengusaha adalah kemauan yang keras dan usaha yang tidak kenal kata menyerah.

Chairul Tanjung the owner of Indonesia's Para Group speaks in an interview in Jakarta

Be Sociable, Share!

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *