Sosok Pebisnis Sukses William Soeryadjaya

Teropong Inspirasi
Sosok-Pebisnis-Sukses-William-Soeryadjaya-3

Sosok-Pebisnis-Sukses-William-Soeryadjaya-1

Sosok pebisnis sukses yang terkenal namanya di Indonesia adalah William Soeryadjaya. Pebisnis yang satu ini lahir di Majalengka pada tanggal 23 Desember 1923. Beliau meninggal di Jakarta pada tanggal 2 April 2010 di usia 86 tahun. Semasa hidupnya, William Soeryadjaya adalah sosok yang suka bekerja keras dan tidak pernah menyerah dalam meraih tujuannya. Hal ini kemudian dibuktikannya dengan menjadi pengusaha yang sukses. Beliau berhasil membangun sebuah perusahaan yang bernama PT Astra Internasional. Sebuah perusahaan besar yang ada di Indonesia. William Soeryadjaya juga merupakan sosok yang menyenangkan dan mampu berbaur dengan siapa saja. Inilah yang menyebabkan beliau kerap dipanggil sebagai Om William.

Masa Kecil yang Penuh Perjuangan

Nama asli dari William Soeryadjaya adalah Tjia Kian Liong, beliau merupakan anak kedua dari enam bersaudara. Diantara saudara-saudaranya tersebut, beliau merupakan anak laki-laki yang pertama. Sayangnya orang tuanya meninggal pada saat Tjia Kian Liong berusaia 12 tahun, ayah beliau meninggal pada tahun 1934, dan sang ibu menyusul beberapa bulan setelahnya. Dalam usianya yang masih muda, William Soeryadjaya tidak kenal menyerah untuk melanjutkan bisnis yang telah dikelola oleh ayahnya. Semangatnya untuk berjualan hasil bumi nampaknya beliau dapatkan dari mendiang sang ayah. Beliau juga pernah bersekolah di HCZS di daerah Kadipaten. Beliau bersekolah pada saat zaman penjajahan Belanda. Ini mengakibatkan beliau pernah tidak naik kelas. Tetapi hal ini tidak membuat semangatnya kendur, malahan dia semakin menekuni apa yang dia pelajari di sekolah dan berhasil melanjutkan pendidikan di MULO Cirebon.

Salah satu pelajaran yang paling disukai oleh William Soeryadjaya adalah pelajaran Ekonomi dan Tata Buku. Dari sini bisa dilihat bagaimana kecintaan beliau terhadap ekonomi. Usai mendapatkan pengetahuan dari sekolah yang dimilikinya, ia pun memulai untuk membangun seluruh usaha yang dimiliki. Tak lama kemudian beliau pindah ke kota Bandung dan menikah dengan Lily Anwar pada tanggal 15 Januari 1947. Sayangnya belum dua minggu menikah, William harus belajar di Belanda untuk mempelajari Ilmu Penyamakan Kulit. Usai lulus dari pendidikannya tersebut, William mulai membangun pabrik penyamakan kulit. Kedua pasangan ini hidup dengan penuh perjuangan.

Sosok-Pebisnis-Sukses-William-Soeryadjaya-2

Awal Mula Kebangkitan PT Astra

Pada Tahun 1957, Willian bersama adiknya mendirikan sebuah perusahaan bernama PT Astra Internasional. Perusahaan ini memiliki andil yang cukup besar dalam memasarkan minuman ringan dan juga mengekspor hasil bumi. Usaha otomotif di Perusahaan ini kemudian dikembangkan pada tahun 1968. Hasilnya, dalam jangka waktu 13 tahun saja, Astra sudah berhasil mengimpor 13 truk. Ada juga beberapa perusahaan yang berada di bawah naungan PT Astra yakni, jumlahnya adalah 72 perusahaan. William terkenal sebagai pribadi yang tidak pernah membedakan karyawan-karyawan yang dimilikinya. Ini merupakan wujud kecintaan dan kebanggaannya sebagai orang Indonesia.

Be Sociable, Share!

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *