Teropong Bisnis | Homepage
Soak Ngalam, Kata Boleh Terbalik, Keuntungan Tetap Melejit

Soak Ngalam, Kata Boleh Terbalik, Keuntungan Tetap Melejit

0 Comments 🕔05.Dec 2013

Bila kita berbicara mengenai apel dan bakso bakar, mungkin anda mengingatnya sebagai produk khas kota Malang. Tetapi, Malang tidak hanya terkenal karena kedua hal tersebut. Membalik kata atau boso walikan juga hal unik dari kota dingin ini.

Tjandra Purnama Edhi menggunakan bahasa unik ala Malang ini untuk bisnis suvenir khas Malang bernama Soak Ngalam. Dia mencetak bahasa unik ini di produk-produk yang dia buat.

Menurut pria 44 tahun ini, awalnya dia hanya ingin mempromosikan budaya boso walikan Malang ini kepada wisawatan. Dalam bahasa unik ala Malang ini, tiap kata dibaca terbalik tetapi tidak semua kata dapat diartikan secara terbalik. Tjandra juga menggunakan bisnis ini sebagai usaha untuk melestarikan bahasa walikan ini, karena banyak anak muda asli Malang yang tidak tahu atau tidak bisa menggunakan bahasa ini.

Dalam produknya, Tjandra menggunakan beberapa kata khas boso walikan, seperti genaro yang artinya orang, ojir yang artinya uang dan lainnya. Ada juga kalimat khas boso walikan, seperti oges lecep wis sibun yang artinya nasi pecel sudah habis.

Usaha Soak Ngalam ini juga menjadi solusi Tjandra untuk melestarikan boso walikan sekaligus cenderamata yang awet, simpel dan mempunyai ciri kuat Kota Malang untuk para wisatawan. Jadi, wisatawan tidak hanya kenal Malang melalui bakso atau apel saja. Suvenir seperti ini juga dapat menjadi daya tarik Malang.

Selain itu, lulusan Universitas Brawijaya ini juga membuat produk unik ini untuk mengobati kerinduan masyarakat Malang yang tinggal di luar kota. Seperti yang kita tahu, rasa cinta masyarakat Malang begitu besar terhadap kota kelahiran mereka.

Tjandra sudah menjalankan usahanya ini selama empat tahun. Dan kini, dia sudah memiliki dua gerai, di Jalan Kawi Atas 24 dan Jalan Raya Mulyoagung 03.

Untuk memberikan desain yang fresh, setiap bulannya Tjandra dapat mengganti desain sebanyak dua kali. Bahkan, untuk menarik pelanggan, pada akhir pekan Soak Ngalam sering menyediakan produk dengan desain limited edition yang tersedia hanya 100 buah.

Untuk harga, satu buah kaos Soak Ngalam dihargai Rp. 60 ribu – Rp. 70 ribu. Khusus kaos anak dihargai Rp. 60 ribu. Ada juga kaos dengan desain khusus, seperti desain glow in the dark, yang dihargai sekitar Rp. 80 ribu.

Dalam sehari, produk yang terjual bisa mencapai 40-50 kaos. Bila ditotal dengan produk lainnya, omzet yang didapat Tjandra bisa mencapai Rp. 120 juta per bulan. Jumlah omzet bisa meningkat tajam saat liburan. Tjandra bahkan pernah memproduksi 1000 kaos dengan bahasa unik ala Malang ini sebulan.

Sukses usaha Tjandra ini tidak hanya memberikan dia keuntungan. Tetapi, Tjandra juga berhasil mendapatkan penghargaan industri kreatif dari Pemerintah Kabupaten Malang, karena dinilai mampu mengangkat budaya Malang.

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *