Teropong Bisnis | Homepage
Siswono Yudo Husodo, Kesuksesannya Berawal Karena Skorsing Kuliah

Siswono Yudo Husodo, Kesuksesannya Berawal Karena Skorsing Kuliah

0 Comments 🕔12.Oct 2013

Siapa tidak kenal Siswono Yudo Husodo? Pria kelahiran Long Iram, Kutai Barat, Kalimantan Timur Juni 1943 dan lulusan ITB tahun 1968 ini sudah akrab dengan dunia bisnis dan politik sejak muda. Dia menunjukkannya saat mendirikan PT. Bangun Cipta Sarana pada 28 Januari 1969 dengan modal 7,5 juta.

Ketertarikannya pada dunia bisnis bermula pada tahun 1966, saat dia menjadi Wakil Laskar Komandan Soekarno. Dia diskors selama 4 tahun dari kampusnya, karena pada saat itu, pemerintah sangat anti terhadap Orde Lama. Dan pada tahun 1968, dia diterima kembali dan berhasil lulus.

Siswono Yudo Husodo muda melihat ibunya sedih karena hal ini. Maka, dia berinisiatif untuk memulai usaha. Karena, sepertinya tidak mungkin bekerja di instansi pemerintah, dengan statusnya saat itu.

Bisnis yang dia geluti adalah berdagang segala macam barang. Usahanya berjalan mulus meskipun saat itu dia tidak mempunyai pengalaman.

Setelah itu, Siswono mencoba fokus pada bisnis penjualan bawang karena pada saat itu, harga bawang di Jakarta lebih mahal dari daerah lainnya. Dia mendapatkan pasokan dari Malang, Jawa Timur.

Setelah itu, dia menjual bawang ke daerah Palembang yang ternyata harganya lebih tinggi dari Jakarta. Dari usahanya ini, dia mampu membeli BMW R 27.

Kesuksesan bisnis bawang ini disebabkan juga karena Siswono sangat cermat dalam berhitung dan mempelajari siklus pertumbuhan bawang. Sehingga, dia bisa menjual pada saat yang tepat.

Saat mendirikan PT. Bangun Cipta Sarana, dia memulainya dari garasi rumah orang tuanya dengan melakukan proyek-proyek kecil, seperti renovasi rumah, membangun pagar rumah dan lainnya. Dia dibantu 3 orang temannya, yaitu Faturochman dari Solo dan Lee Gan Young dari Malang, yang kesemuanya adalah alumni ITB.

Bisnis ini berjalan sukses. Saat itu, era Soeharto memang sedang melancarkan program pembangunan infrastruktur. Dan perusahaannya terlibat, mulai dari pembangunan jalan dari Aceh hingga Papua, dan proyek-proyek lainnya.

4.Siswono Yudo Husodo, Kesuksesannya Berawal Karena Skorsing Kuliah 1

Dan juga, pertumbuhan rata-rata ekonomi Indonesia yang mencapai 7% pada era Soeharto, membuat bisnisnya mudah berkembang.

Karena kesuksesannya ini, Siswono ditawari oleh Soeharto untuk membangun makam Soekarno dan M Hatta. Dan selanjutnya, dia ditawari untuk menjadi menteri. Siswono menerimanya dan melepaskan jabatannya sebagai Direktur Utama PT. Bangun Cipta Sarana.

Dia juga berusaha menjauhi korupsi dengan tidak mengikut sertakan perusahaannya dalam proyek pemerintah.

Pada era Presiden Soeharto, Siswono Yudo Husodo pernah menjabat beberapa jabatan penting, seperti Menteri Negara Perumahan Rakyat (Menpera) pada Kabinet Pembangunan V 1988-1993 dan Menteri Transmigrasi dan Tenaga Kerja pada Kabinet Pembangunan VI 1993-1998.

Jabatan dia berakhir pada tahun 1998. Tapi, dia masih aktif di dunia politik sampai sekarang, contohnya menjadi Anggota Dewan Penasehat Partai Golkar, Anggota Komisi IV DPR, bahkan pernah menjadi pasangan Capres Amien Rais pada Pilpress 2004.

Dan, dia kembali aktif di PT. Bangun Cipta Sarana sebagai Presiden Komisaris. Perusahaannya ini lolos dari krisis 1998, meskipun mempunyai utang sebesar Rp. 500 miliar dalam denominasi Rupiah.

Usia perusahaan ini sudah mencapai 44 tahun dan perusahaan ini mempunyai lebih dari 25 anak perusahaan di berbagai bidang, termasuk usaha perkebunan kelapa sawit dan lainnya.

4.Siswono Yudo Husodo, Kesuksesannya Berawal Karena Skorsing Kuliah 3

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *