Teropong Bisnis | Homepage
Seluk Beluk Bisnis Syariah

Seluk Beluk Bisnis Syariah

0 Comments 🕔20.May 2013

Dewasa ini, masyarakat kian tertarik dengan bisnis syariah. Umumnya, alasan utama dari pemilihan bisnis tersebut adalah jaminan keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi. Sementara itu, bisnis ini menjanjikan peluang cukup besar dengan metode yang cukup mudah untuk diterapkan. Hal ini didukung oleh dorongan pemerintah untuk memajukan dan memberdayakan jaringan bisnis yang sedang berkembang di masyarakat.

Nah, sebelum kita bicara lebih lanjut perihal perkembangan bisnis syariah di Indonesia, terlebih dahulu kita mengambil pemahaman mengenai apa yang dimaksud dengan bisnis syariah. Bisnis ini menitikberatkan pada sistem transaksi yang menekankan kejujuran dan pembagian keuntungan secara adil. Selain itu, tidak ada bunga yang akan diterapkan selama transaksi.

Sekilas Mengenai Investasi Syariah

Menurut sebagian besar pakar ekonomi, bisnis ini cenderung berfokus pada investasi. Secara spesifik, sebagian orang menganggap bahwa ini adalah investasi komoditas. Artinya bahwa pelaku bisnis tersebut cenderung bergerak dalam bidang agrikultur dan pertambangan. Namun benarkah pendapat tersebut? Bukankah semua kategori bisnis dengan sistem bungan tidak masuk pada kategori syariah?

Memang, akan dibutuhkan kecermatan dalam memilah dan memilih mana saja yang sebenarnya termasuk dalam kategori bisnis syariah. Seringnya, ada banyak perusahaan yang menggunakan embel-embel syariah untuk menggaet lebih banyak anggota. Dan ini merupakan hal berisiko karena bisa menimbulkan keresahan dalam masyarakat. Oleh sebab itu, kita butuh ketelitian dalam mengamati segala mekanisme yang sedang ditawarkan oleh sebuah jaringan bisnis.

Memastikan Reputasi dari Sebuah Bisnis Syariah

Untuk lebih amannya, pastikan bahwa apa yang sedang ditawarkan merupakan investasi yang benar-benar berbasis pada pemerataan hasil tanpa penarikan bunga. Dewasa ini, ada beberapa contoh terbaru yang bisa diambil. Misalnya, saat ini masyarakat mulai tertarik pada asuransi syariah. Kebutuhan akan asuransi meningkat pesat seiring dengan tuntutan hidup yang berat. Tak heran jika masyarakat berusaha mencari solusi mengenai jaminan yang aman sekaligus tidak membebani bagi masa depan keluarga. Beberapa asuransi menawarkan dana pendidikan dan kesehatan dengan syarat-syarat tertentu. Jika Anda berniat untuk mengambil jasa berbasis syariah, pastikan bahwa itu disediakan oleh pihak dengan reputasi positif.

Sebagai contoh, akan lebih aman jika investasi syariah tersebut dikelola oleh bank yang memang dikenal cukup baik dalam melayani para nasabah. Pelayanan tersebut harus profesional disertai dengan kejelasan dalam prosedur dan pembagian hasil. Untuk dana pendidikan, biasanya sebuah keluarga akan menyiapkan setoran selama beberapa tahun dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu. Bahkan, Anda masih harus membandingkan penawaran-penawaran dengan segala konsekensinya.

Bagaimana pun juga, akan sangat mudah ketika kita bisa mengembangkan satu konsep bisnis yang mandiri sekaligus berbasis syariah. Hanya dalam beberapa prosedur yang mudah, kita bisa memperluas jaringan bisnis tersebut di masyarakat. Apalagi, bisnis syariah akan selalu menarik perhatian masyarakat karena selalu dipercaya dalam praktik-praktik bisnisnya.

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *