Teropong Bisnis | Homepage
Sejarah Kesuksesan Siswono Yudo Husodo di Dunia Bisnis

Sejarah Kesuksesan Siswono Yudo Husodo di Dunia Bisnis

0 Comments 🕔23.Dec 2013

Jika Anda diminta untuk menyebutkan satu tokoh di Indonesia yang sukses sebagai pengusaha dan politisi, maka satu nama yang terlontar adalah Siswono Yudo Husodo. Tidak heran jika beliau dinilai sangat sukses karena memang bisnis dan politik sudah ia rintis sejak muda. Pada awal karirnya, beliau memang menjadi seorang pengusaha.

Tepatnya, ia mengawali karir sebagai pengusaha setelah lulus dari Institut Teknologi Bandung atau ITB pada tahun 1968. Kala itu, ia langsung mendirikan sebuah Perseroan dengan nama PT Bangun Cipta Sarana. Perseroan ini sendiri resmi berdiri dan beroperasi pada tanggal 28 Januari 1969. Cerita perkenalannya dengan dunia wirausaha juga sangat unik.

Rupanya, perkenalannya justru saat ia harus diskors karena menjadi wakil Laskar Komandan Soekarno. Organisasi ini memang dilarang di resim Presiden Soeharto. Alhasil, Siswono Yudo Husodo harus diskors selama 4 tahun lamanya. Karena kerterdesakan ini ditambah ibunya yang sedih menjadikannya memilih untuk menjalankan bisnis.

Sebagai pendukung Soekarno pastilah ia akan sulit diterima pada instansi manapun. Di awal karir bisnisnya, Siswono mengaku menjual segala macam barang mulai dari karung, rokok, kedelai, hingga bawang putih. Perjalanan karirnya sebagai seorang pebisnis rupanya sangat mulus dan tidak menemui hambatan yang berarti.

siswono yudo husodo

Setelah cukup lama menjual segala macam produk, akhirnya ia memutuskan fokus untuk menekuni bisnis penjualan bawang. Rupanya, naluri bisnisnya berjalan dengan tepat karena harga bawang di Jakarta memang lebih mahal jika dibandingkan di daerah. Karena itulah, ia akhirnya memberikan pasokan bawang putih untuk wilayah Jakarta.

Ia sendiri mengambil pasokan bawang dari daerah Malang, Jawa Timur. Ia terus mengupdate informasi mengenai harga bawang di berbagai daerah. Kemudian, ia meluaskan jaringan dengan menjual bawang ke Palembang karena harga produk ini justru lebih mahal dari Jakarta. Dengan ketekunannya tersebut, saat itu ia sudah mampu membeli BMW R27.

Trik lain yang Siswono Yudo Husodo lakukan adalah mempelajari siklus tanam bawang. Ia melihat fakta bahwa saat musim penghujan khususnya tahun kabisat, bawang pasti hancur dan gagal panen. Dengan kondisi ini, maka harga bawang putih pasti akan tinggi. Mengetahui hal tersebut, dirinya selalu membeli bawang putih sebanyak yang ia mampu sebelum tahun kabisat tiba.

Nantinya, ia menjual bawang tersebut di tahun kabisat sehingga harganya tinggi dan untungnya sangat besar. Setelah bisnis bawangnya lancar, ia mencoba bisnis di sektor lain. Kalau itu ia mencoba terjun ke dunia bisnis konstruksi dan properti. Keseriusannya ditunjukkan dengan mendirikan PT Bangun Cipta Sarana di tahun 1969.

Uniknya, ia hanya memerlukan modal Rp. 7.500.000 saja untuk memulai bisnis ini. Lokasi awal atau kantornya hanyalah sebuah garasi di rumah orang tuanya di daerah Jakarta. Bisnisnya tersebut juga dimulai dari proyek kecil seperti memperbaiki SC, merenovasi rumah atau bahkan membangu pagar rumah. Namun dari proyek kecil tersebut bisnisnya menjadi besar.

siswono yudo husodo

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *