Teropong Bisnis | Homepage
Sapi Bali Siap Menggetarkan ASEAN

Sapi Bali Siap Menggetarkan ASEAN

0 Comments 🕔08.Feb 2015

Indonesia sebenarnya mempunyai potensi untuk menjadi negara besar dan adidaya layaknya Amerika Serikat (AS). Hal ini dikarenakan banyaknya sumber daya yang tersedia melimpah di Indonesia, namun belum mampu dimanfaatkan dengan maksimal. Salah satunya adalah hewan ternak, dalam hal ini adalah sapi.

Indonesia memiliki salah satu jenis sapi dengan kualitas terbaik, yaitu sapi Bali. Sapi Bali dapat dikatakan sebagai jenis sapi yang dapat bersaing dengan jenis-jenis sapi dari negara lain. Hal ini dipandang dari jenis ukuran, kualitas daging dan banyak lagi lainnya. Kualitas sapi Bali ini juga diakui sebagai salah satu yang terbaik oleh Andi Amran Sulaiman, Menteri Pertanian.

Berbicara mengenai kualitas, sapi Bali memang menjadi salah satu yang terbaik. Untuk sapi yang berusia 2 tahun saja, bila diternakkan dengan baik, bobotnya dapat mencapai 600 kilogram.

Amran mengungkapkan, potensi Bali untuk menjadi pemasok kebutuhan akan sapi nasional sangatlah besar. Sat ini, terdapat 50.000 ekor sapi Bali yang diternakkan di Bali. Potensi yang besar ini juga membuat Pemerintah ingin mendukung pengembangan sapi jenis ini. Target utama Pemerintah adalah membuat Bali menjadi pengekspor sapi utama untuk negara-negara ASEAN dalam waktu 3 tahun.

Pertumbuhan sapi Bali juga menunjukkan hasil yang positif. Amran memandang hal ini sebagai sinyal positif adanya potensi lebih besar yang siap untuk digali. Bila mampu dilakukan dan dimaksimalkan, bukan tidak mungkin, bila Bali menjadi produsen sapi terbesar untuk memenuhi kebutuhan nasional.

Amran mengungkapkan, saat ini, kebutuhan sapi di Indonesia per tahunnya mencapai 1 juta ekor. Sedangkan produksi sapi di Indonesia mencapai 1,6 juta ekor per tahun. Jadi, ada surplus yang dapat dimanfaatkan untuk ekspor ke negara lain.

Khusus untuk sapi Bali, Amran berharap agar produksi sapi Bali dapat ditingkatkan hingga 200 ribu ekor per tahun. Bila target ini terpenuhi, target utama Pemerintah untuk menjadikan Bali menjadi pengekspor sapi utama ASEAN akan dapat tercapai.

Amran juga ingin menghentikan ekspor bibit-bibit sapi ke luar negeri. Hal ini perlu dilakukan, agar produksi sapi di Indonesia dapat ditingkatkan. Saat ini terdapat 8 juta bibit sapi yang ruti diekspor ke luar negeri. Padahal, negara ini masih membutuhkan bibit-bibit terbaik ini untuk menghasilkan produk sapi yang lebih berkualitas.

Sayangnya, banyak bibit-bibit sapi Bali yang tergolong berkualitas, menjadi bagian bibit sapi yang diekspor tersebut. Dengan menghentikan hal ini dan menyebarkan bibis sapi Bali ke seluruh Nusantara, maka akan semakin banyak sapi berkualitas yang dapat diproduksi.

Setelah semua itu dilakukan, hal selanjutnya yang dibutuhkan adalah kebijakan dari Pemerintah dan komitmen dari para pelaku usaha di bidang ini. Kebijakan diperlukan, agar para pelaku usaha dapat menjalankan usaha mereka dengan lancar dan tenang. Sedangkan, komitmen para pelaku usaha menjadi pondasi terbentuknya usaha pengembangan sapi Bali dan jenis lainnya yang lebih baik.

 sapi bali, asean, usaha, bisnis peternakan, ternak sapi, ide bisnis

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *