Teropong Bisnis | Homepage
Robot Origami, Melipat Dirinya Sendiri Tanpa Bantuan Manusia

Robot Origami, Melipat Dirinya Sendiri Tanpa Bantuan Manusia

0 Comments 🕔13.Aug 2014

Saat ini, robot bukanlah benda fantasi yang hanya berada di dalam film. Banyak negara yang berhasil mengembangkan teknologi robotika, salah satunya adalah Amerika Serikat. Yang terbaru, para peneliti dari universitas terkemuka di AS, yaitu Harvard dan MIT telah berhasil membuat robot unik. Robot ini dinamakan sebagai robot origami.

Salah satu peneliti robot ini adalah Sam Felton, calon Ph.D untuk School of Engineering and Applied Sciences dan Wyss Institute for Biologically Inspired Engineering di Harvard University. Dia mengatakan robot yang timnya buat ini adalah robot yang dapat merakit dirinya sendiri tanpa bantuan manusia. Hasil dari penelitian ini juga ditulis dalam jurnal Science edisi yang baru.

Bila Anda melihat bentuk awal dari robot ini, Anda hanya menemukan satu lembaran logam yang rata, seperti kertas. Lalu, saat dipanaskan, lembaran ini akan membentuk lipatan dan bentuk yang sama sekali baru.

Menurut Daniela Rus, yang juga peneliti MIT, robot ini merupakan sebuah alat dalam bentuk datar dan tipis. Alat ini sudah terintegrasi dengan perintah yang diberikan komputer. Dan, saat perintah ini dijalankan, robot origami ini akan membentuk bentuk 3 dimensi yang cukup sempurna dan detail yang sangat tinggi. Disinilah letak keistimewaan robot origami ini.

Seblumnya, Rus dan peneliti lainnya juga berhasil membuat robot dengan konsep serupa. Namun, robot yang dibuat Rus dan peneliti lainnya berbentuk kubus modular yang diberi nama “M-Blocks”. Robot ini juga mampu merakit dirinya sendiri.

Dasar dari robot origami ini mungkin adalah robot M-Blocks ini. Untuk menggerakkan robot M-Blocks ini, terlebih dahulu robot ini harus dipanggang didalam oven. Panas yang terserap akan menggerakkan perintah untuk membentuk bentuk yang baru. Yang membedakan, robot origami memperoleh panas dari sirkuit listrik.

Peneliti Erik Demaine mengungkapkan ketakjubannya pada robot ini. Menurutnya, robot ini akan mampu memberikan informasi yang lebih untuk peneliti. Hal tersebut akan membuat peneliti akan mendapatkan lebih banyak kendali dalam mengembangkannya. Dan, bukan tidak mungkin, di masa depan, robot ini tidak hanya akan dapat merakit dirinya sendiri saja, namun juga dapat membuatnya bergerak.

Robot origami ini terdiri dari 5 lapisan pipih. Pada bagian tengah terdapat lapisan tembaga. Lapisan tembaga ini diapit 2 lapisan kertas dan pada bagian paling luar terdapat lapisan polimer. Lapisan polimer ini yang menjadi penyimpan perintah untuk melakukan proses pelipatan dan perubahan bentuk.

Felton mengungkapkan ide awal pembuatan robot origami ini adalah keinginan untuk menciptakan bentuk kompleks dengan cara sederhana dan sesuatu yang ringan. Dan, robot origami ini menjadi salah satu hasil penelitian yang berhasil. Selain itu, robot ini juga tidak membutuhkan banyak biaya dalam pembuatannya dan proses pembentukan bentuk 3 dimensinya juga cepat.

1.Robot Origami, Melipat Dirinya Sendiri Tanpa Bantuan Manusia 2

Baca Juga :

SATO Robotic Motor Wash Franchise, Mendapat 18 Juta Per Bulan Dengan Mudah

Peluang Bisnis Pencucian Kendaraan dengan Robot

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *