Teropong Bisnis | Homepage
Reny Berhasil Merasakan Manisnya Prospek dan Laba Cokelat

Reny Berhasil Merasakan Manisnya Prospek dan Laba Cokelat

0 Comments 🕔01.Dec 2013

Cokelat adalah salah satu makanan favorit orang Indonesia. Mungkin, bukan hanya rasanya yang enak, tetapi, fakta bahwa Indonesia adalah penghasil cokelat terbesar ketiga di dunia mendukung hal ini. Dan, Reny Sukmasari (26) tampaknya paham betul hal ini dan berhasil memanfaatkannya.

Pada awalnya, dia bekerja sebagai seorang pramugari di salah satu maskapai penerbangan terbesar di Indonesia. Tetapi, karena dia mempunyai keinginan besar untuk menjadi pengusaha makanan nikmat ini, maka dia memutuskan berhenti sebagai pramugari setelah bekerja selama 2 tahun.

Selain keinginan dia untuk menjadi pengusaha cokelat, dia juga merasa lelah dengan profesinya ini. Dia mengaku dia tidak bisa menikmati hidup, karena terlalu banyak kesibukan sebagai seorang pramugari. Dan, pengusaha menurut Reny mempunyai kebebasan yang lebih dalam mengatur waktu mereka.

Akhir tahun 2012, Reny mulai menggeluti usaha barunya ini. Reny tergolong nekad saat menekuni usaha ini. Karena, di keluarganya, tidak ada yang pernah berpengalaman mencicipi dunia bisnis.

Sebagai penghasil cokelat terbesar ketiga di dunia, seharusnya Indonesia terkenal akan cokelatnya. Tetapi, kenyataannya tidak demikian. Hal ini pula yang mendorong Reny untuk terus maju dengan usahanya ini, karena merasa prihatin dengan pemanfaatan cokelat di Indonesia.

Dia lalu belajar lebih banyak tentang cokelat. Dia mengikuti banyak kursus. Dan, dari sini, dia berhasil mengetahui beberapa ilmu yang berguna, seperti pembuatan cokelat, pengolahan cokelat dan penyimpanan cokelat yang baik.

Dia juga melakukan penelitian dengan mengunjungi pabrik dan perkebunan cokelat di Jawa Barat. Akhirnya, dia mantap dan memulai usaha cokelatnya ini dengan nama Coklat Joyo. Joyo disini berarti jaya, dengan harapan usahanya ini dapat berjaya.

Reny membuat konsep unik dari produknya ini. Dia membuat produknya menjadi oleh-oleh khas Kota Yogyakarta, dimana dia tinggal. Untuk bahan baku, dia tidak pernah kesulitan. Hal ini karena banyak petani cokelat didaerah tempat dia tinggal, khususnya daerah Kulonprogo.

Sebagian besar konsumen produknya adalah wisatawan lokal yang mengunjungi Yogyakarta. Tetapi, berkat kegigihannya, perempuan kelahiran Rumbai, 1 Juni 1987 ini berhasil mengembangkan bisnisnya. Dan, lebih dari itu, dia juga berhasil masuk sebagai finalis dalam ajang Diplomat Success Challenge (DSC) yang diadakan Wismilak.

Masuknya Reny dalam ajang yang diadakan Wismilak tersebut membawa berkah bagi usahanya. Pada awalnya, Reny mengaku butuh modal lagi untuk mengembangkan usahanya. Dan, karena ajang ini, usahanya mendapatkan promosi yang baik. Dia juga mendapatkan networking baru untuk mengembangkan usahanya ini.

Produk-produk yang dibuat oleh Reny terdiri dari banyak varian rasa, seperti kopi, permen, buah, pedas dan rempah. Untuk harga, Reny mematok produknya dengan harga terjangkau yaitu mulai dari Rp. 8 ribu sampai Rp. 37 ribu per batang. Saat ini, Reny dapat memproduksi 300 kg cokelat perbulan.

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *