Teropong Bisnis | Homepage
Rahasia Sukses Pendiri Matahari Department Store

Rahasia Sukses Pendiri Matahari Department Store

0 Comments 🕔13.Jan 2014

Membangun bisnis tidak hanya untuk memperoleh keuntungan sebesar-besarnya. Sayangnya prinsip inilah yang paling banyak diyakini oleh pengusaha. Prinsip ini memang bisa menggiring suatu bisnis untuk memperoleh laba besar. Akan tetapi prinsip ini jelas buruk untuk membangun bisnis yang memiliki siklus hidup yang panjang.

Prinsip seperti inilah yang membuat Matahari Department Store tetap eksis hingga saat ini. Meski ranah bisnis department store semakin penuh sesak, Matahari tetap bersinar terang. Bahkan Matahari tetap memiliki tempat istimewa bagi sebagian orang. Semua itu karena prinsip dan keyakinan pendirinya yang menerapkan prinsip bahwa bisnis haruslah mampu memberi manfaat bagi orang banyak.

Hari Dharmawan, ia adalah seorang visioner dan pengusaha tangguh. Ia membangun bisnisnya dari bawah. Sebelum mendirikan Matahari department store, ia memulai bisnisnya dengan membangun toko bernama Mickey Mouse. Berawal dari sinilah ia semakin membesarkan dirinya untuk membangun bisnis yang lebih besar lagi.

Bagi Anda yang ingin membangun bisnis, Hari Dharmawan bisa menjadi guru yang sangat tepat. Mengetahui rahasia sukses dari pendiri Matahari Department Store tentunya akan menjadi bahan referensi yang sangat bermanfaat untuk mengembangkan bisnis Anda. Dalam menjalankan bisnisnya, Hari Dharmawan punya tiga rahasia. Ketiga rahasia inilah yang kemudian membuatnya menjadi salah satu legenda dalam dunia bisnis Indonesia.

matahari, dept store, bisnis, pengusaha sukses

Seperti yang telah dijabarkan sebelumnya, Hari Dharmawan meyakini bahwa bisnis haruslah memberi manfaat bagi orang lain. Ini adalah prinsip pertama dari seorang Hari Dharmawan. Semakin banyak orang yang merasa tertolong, semakin banyak keuntungan yang dapat diperoleh. Tidak hanya itu saja, nama besar bisnis yang dibangun juga semakin tumbuh besar.

Dalam rahasia sukses Hari Dharmawan yang kedua, ia berprinsip bahwa bisnis harus dijalankan secara bisnis. Meski dengan keluarga sendiri, mereka tetap harus diperlakukan secara bisnis. Tidak ada keistimewaan. Kendati demikian, hubungan keluarga tetap dijaga dengan cara keluarga juga.

Pada awal memulai bisnis, mungkin seorang pengusaha akan meminjam aset keluarganya. Cara ini kerap digunakan oleh para pengusaha baru. Akan tetapi hanya beberapa yang menyikapinya dengan terlalu enteng. Bahkan ada anggota keluarga yang sengaja memberikan modal bisnis secara cuma-cuma.

Jika dilihat melalui kaca mata jangka pendek, ini memang tampak menguntungkan. Akan tetapi bagaimana jika kelak mereka harus bekerjasama dengan pihak-pihak yang lebih besar dan sangat kritis dengan kredibilitas dan kompetensi? Karena itu, jangan pernah menerima pinjaman atau pemberian dari keluarga. Kalau ingin berkembang, sikapi pinjaman tersebut sebagai pinjaman dan jadikan itu sebagai motivasi untuk mengembangkan bisnis.

Prinsip ketiga dari Hari Dharmawan adalah memulai bisnis dari kecil. Kenapa harus dari kecil? Saat baru memulai bisnis, kemampuan seorang wirausaha baru tentunya juga masih sangat terbatas. Melalui bisnis kecil inilah ia mampu membesarkan dirinya hingga mampu memimpin bisnis yang lebih besar lagi.

Coba Anda bayangkan, bagaimana jadinya kalau orang yang belum berpengalaman dalam berbisnis diberi wewenang untuk memimpin perusahaan besar? Dari sisi kemampuan jelas belum bisa mengimbangi bisnis yang besar, bahkan bisa-bisa bisnis yang sudah besar justru akan hancur. Inilah rahasia sukses Hari Dharmawan dalam membangun bisnis besar seperti Matahari Department Store, yakni memulai dari hal yang kecil.

matahari, dept store, bisnis, pengusaha sukses

BACA JUGA:

Kisah Sukses Pendiri PT Gudang Garam Tbk

 Miliarder Yang Tetap Berjaya Di Tengah Krisis Ekonomi

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *