Teropong Bisnis | Homepage
Putera Sampoerna, Potret Pengusaha Sukses Indonesia

Putera Sampoerna, Potret Pengusaha Sukses Indonesia

0 Comments 🕔24.Sep 2013

Putera Sampoerna merupakan salah satu contoh pengusaha sukses Indonesia. Beliau lahir di Belanda pada tanggal 13 Oktober 1947. Beliau pastinya tak asing dengan dunia bisnis pasalnya keluarga besarnya adalah pebisnis sukses. Kakeknya, Liem Seeng Tee, adalah pendiri perusahaan rokok Sampoerna yang kini masih popular di kalangan pecinta rokok kretek.  Dengan kata lain, Putera Sampoerna adalah generasi ketiga dari pemilik sekaligus perintis perusahaan rokok Sampoerna. Ia aktif berkecimpung di dunia bisnis sejak ia menggantikan ayahnya yang tak lain adalah presiden direktur perusahaan rokok Sampoerna. Dan pada tahun 2000, ia menyerahkan kursi presiden direkturnya kepada puteranya yang bernama Michael Sampoerna.

Putera Sampoerna sendiri kini menduduki posisi presiden komisaris di perusahaan yang sedang dikelola anaknya tersebut. Namun sayang pada tahun 2005 tepatnya pada bulan Maret, keluarga Sampoerna hanya memiliki 40 saham PT HM Sampoerna Tbk pasalnya sisa saham lainnya dijual pada Philip Morris International senilai Rp.18,5 triliun.

Sebelum berkiprah di perusahaan rokok milik keluarganya, Putera Sampoerna pernah mengelola sebuah perkebunan kelapa sawit di Malaysia. Saat sedang aktif sebagai pengelola utama perkebunan kelapa sawit, ia bermukim di Negara Singapura bersama keluarganya. Beliau kemudian beralih mengurusi perusahaan keluarganya pada tahun 1980. Kemudian pada tahun 1986, Putera diangkat menjadi CEO (Cheif Executive Officer) PT HM Sampoerna Tbk.

Pasca ayahnya meninggal, Putera menunjukan dedikasinya secara penuh pada perusahaan PT HM Sampoerna Tbk. Semenjak saat itu, putra bisa mengaktualisasikan kapasitas dan naluri bisnisnya secara penuh. Sebagai langkah awal, putera merekrut tenaga professional baik dari dalam maupun luar negeri untuk menggenjot kinerja perusahaan yang kini dikelolanya tersebut. Dengan tenaga profesional yang direkrut, perusahaan ini jadi go public dan menjadi unggulan di bursa dampak Jakarta dan Surabaya.

Putera Sampoerna tak hanya pintar dalam membuat inovasi pada produknya, tetapi juga aktif dalam bidang lainnya. Misalnya saja bisnis supermarket dan Bank Sampoerna. Supermarket yang digelutinya merupakan akuisisi Alfa. Bank Sampoerna pertama kali dibentuk pada akhir tahun 1980-an.

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *