Teropong Bisnis | Homepage
Profil Rudi Salim Pengusaha Muda Beromzet 1,3 M Sebulan

Profil Rudi Salim Pengusaha Muda Beromzet 1,3 M Sebulan

0 Comments 🕔20.Dec 2013

Rudi Salim baru berumur 23 tahun. Tetapi, bisnis yang ditekuninya mempunyai omzet lebih dari 1,3 M dalam sebulannya. Dia juga bos dari PT Excel Trade Indonesia. Bisnis apa yang dilakukan oleh Rudi?

Rupanya pengusaha lulusan SMA itu mempunyai bisnis penuh resiko. Dia berani menawarkan kredit untuk transaksi online. Caranya hanyalah dengan menawarkan kredit kepada siapa yang ingin bertransaksi online di forum thread seperti Kaskus dan beberapa website lain. Menurutnya, hal itu sangat efektif.

Tahap Awal Bisnis

Awalnya Rudi Salim membangun bisnisnya bermodalkan hasil penjualan mobil pemberian orangtuanya. Selain itu, dia juga melego usaha karaoke milik keluarganya. Sebenarnya orangtuanya menentang karena bisnisnya itu membuatnya putus kuliah di fakultas kedokteran. Bahkan ibunya pernah bilang kalau beliau tidak ingin menemui Rudi Salim sebelum anaknya itu sukses.

Pria yang hobinya main game online itu menyatakan bahwa inspirasi bisnisnya bukan dari dunia online. Awalnya dia mendapat inspirasi setelah berbincang-bincang dengan temannya yang bekerja di toko elektronik berjaringan nasional yang cukup besar. Toko temannya itu menyediakan pembiayaan pada customer yang membeli barang elektronik. Dari perbincangan itu, Rudi melihat bahwa potensi untuk menyediakan kredit terutama pada transaksi online.

pengusaha muda

Penipuan yang Terjadi dalam Bisnisnya

Yang namanya bisnis pasti ada resikonya. Bisnis Rudi awalnya memang tak mulus. Dia bahkan sering ditipu orang. Hal ini dikarenakan minimnya pengalaman. Awalnya, survei yang dia lakukan hanya via telepon berdasar aplikasi serta data yang dikirimkan via email kepada calon debitor.

Permintaan pembiayaan kredit barang memang naik, tetapi permintaan kredit penipuan juga naik. Rudi kemudian memperbaiki sistem perusahaannya. Dia merekrut beberapa orang sebagai “petugas survei”. Jadi setelah barangnya ada, klien diharuskan menandatangani perjanjian dan dia juga difoto bersama barangnya.

Setelah perbaikan sistem ini, Rudi jarang terkena penipuan lagi. Bahkan nama perusahaannya pun melejit karena banyak pelanggan yang puas akan pelayanannya. Rudi juga tidak harus mengeluarkan biaya promosi karena publikasi perusahaannya menyebar di forum diskusi online serta dari mulut ke mulut.

Setelah itu dia mengembangkan bisnisnya dengan merekrut beberapa survevor dan membuka cabang di luar Jabotabek. Survevornya itu adalah beberapa moderator dari Kaskus. Menurutnya, para moderator memiliki resiko kecil untuk bermasalah karena para moderator itu juga menjaga reputasinya di dunia maya. Hal ini dikarenakan para moderator itu sendiri juga berjualan di forum-forum.

Sekarang ini Rudi mengembangkan bisnisnya, yakni membiayai permintaan kredit dari para debitor yang belum 17 tahun dengan jaminan orang tua. Rudi juga menyatakan bahwa 85 persen dari permintaan kredit adalah untuk pembelian BlackBerry dan HP. Selain itu, Rudi juga menyatakan bahwa dirinya saat ini sedang bersiap untuk ekspansi ke bidang bisnis lain.

 pengusaha muda

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *