Teropong Bisnis | Homepage
Pidato Pertama Calon Gubernur The Fed

Pidato Pertama Calon Gubernur The Fed

🕔15.Nov 2013

Setelah Presiden Amerika Serikat, Barack Obama menunjuk Janet Yellen sebagai calon tunggal pemimpin Bank Sentral, perempuan ini akhirnya buka suara. Ada beberapa poin penting yang ia utarakan dalam pidatonya. Contohnya, Yellen menilai bahwa bank sentral AS masih banyak pekerjaan khususnya untuk memajukan perekonomian dan pasar tenaga kerja yang masih dinilai buruk.

Janet Yellen menambahkan bahwa mendukung pemulihan ekonomi adalah jalan yang pasti jika ingin kembali ke kebijakan moneter yang lebih stabil dan normal. Saat ini, Yellen sendiri masih menjabat sebagai wakil ketua The Fed. Hal ini menjadi penekanan bagi Yellen karena penetapan pagu anggaran AS akan kembali dibahas di parlemen nanti.

Pidatonya ini sekaligus menjelaskan bahwa bank senter AS siap menggelontorkan dana hingga ekonomi AS benar-benar pulih. Salah satu cara untuk memulihkan ekonomi AS adalah dengan mendorong ekspektasi di pasa keuangan. Jika memang nantinya Yellen benar-benar terpilih, dirinya akan menjadi perempuan pertama yang memimpin bank sentral AS.

Nantinya, Yellen juga akan memusatkan perhatian pada peredaman tekanan harga. Menurutnya, perekonomian dan pasar tenaga kerja masih sangat jauh dari potensi yang ada. Dirinya juga yakin bahwa inflasi akan terus membaik. Ini karena inflasi sendiri sudah berjalan di bawah sasaran Federal Reserve yang mencapai 2%.

Ia memperkirakan bahwa kondisi ini akan terus membaik untuk beberapa waktu ke depan. Di sisi lain, pasar keungan menilai bahwa Janet Yellen sangat berpihak kepada perbaikan angka pengangguran yang sangat tinggi. Kebijakan ini lebih disukai ketimbang upaya The Fed untuk memacu pertumbuhan ekonomi yang diperkirakan justru akan menaikkan inflasi. Justru hal inilah yang harusnya dihindari.

Selaku ekonom JP Morgan, Michael Feroli menyatakan bahwa presepsi Yellen masih seperti burung merpati. Ia harus berjuang untuk mengendalikan inflasi di saat sekarang ini. Sebagai informasi, pidato Yellen ini merupakan pernyataan publik pertamanya khususnya mengenai kebijakan The Fed kedepan untuk mengatasi inflasi.

Dirinya sebenarnya sudah ditunjuk menjadi calon pemimpin The Fed sejak 2 Juni yang lalu namun belum sama sekali memberikan pernyataan resmi. Dengan pernyataan perdananya ini, investor akan memberikan reaksi khususnya mengenai biaya dan manfaat dari pembelian obligasi. Kepastian penggantian ketua The Fed ini juga dikemukakan oleh Sekretaris Komite Ekonomi Nasional atau KEN,

Avilliani. Ia menyatakan bahwa keputusan untuk mengganti ketua saat ini Ben Bernanke dengan wakilnya Janet Yellen bukanlah kabar burung belaka. Terlebih lagi, Yellen sudah menjadi kandidat terkuat ketika Larry Summers saingannya memutuskan untuk mengundurkan diri.

Menurut Avilliani, jika nantinya Janet Yellen terpilih maka kebijakan yang diambil tidak akan jauh berbeda dengan pemimpin terdahulu. Salah satu prediksi kebijakan Yellen adalah mengenai quantitative easing atau QE. Setidaknya kebijakan tersebut akan terus dijalankan maksimal hingga tahun 2016.

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,