Teropong Bisnis | Homepage
Pesatnya Pertumbuhan Pasar Obligasi Indonesia

Pesatnya Pertumbuhan Pasar Obligasi Indonesia

0 Comments 🕔05.Jun 2013

Baru-baru ini, Asian Development Bank (ADB) mengumumkan pertumbuhan pasar obligasi di kawasan Asia Timur. Perkembangan ini dicatat oleh ADB secara year on year. Secara umum, Asia Timur mencatatkan pertumbuhan sebesar 12,1% menjadi US$ 6,7 triliun. Perkembangan ini dicatatkan sampai akhir bulan Mei 2013.

Secara mengejutkan, Indonesia ternyata merupakan negara dengan pertumbuhan pasar obligasi paling pesat dibandingkan negara-negara lain di kawasan Asia Timur. Indonesia berhasil mengungguli beberapa negara dengan potensi obligasi yang besar, seperti Singapura, Cina dan Thailand.

Dukungan dari Sektor Obligasi Korporasi

Dalam rilisan yang diumumkan oleh ADB tersebut, pertumbuhan pasar obligasi di kawasan Asia Timur sebagian besar didukung oleh pertumbuhan yang pesat pada sektor obligasi korporasi. Kepala Kantor Integrasi Ekonomi Regional ADB, Iwan Jaya Azis dalam jumpa pers yang dilaksanakan pada Selasa kemarin mengungkapkan bahwa dirinya melihat pertumbuhan yang lebih tinggi lagi dalam prospek pasar obligasi di Indonesia.

Di kawasan Asia Timur, pasar obligasi memang sangat potensial untuk terus berkembang. Selain itu, dukungan para investor, baik itu lokal maupun asing, untuk menggunakan mata uang lokal juga menjadi faktor penentu pesatnya kemajuan pasar obligasi di kawasan ini. Dalam hal ini, pihak pemerintah beserta perusahaan menjanjikan untuk mengelola uang pinjaman dari para investor tersebut secara lebih baik lagi.

Analisis Pasar Bond Monitor

Analisis pasar yang dilakukan oleh Asia Bond Monitor mengungkapkan bahwa perkembangan pasar obligasi di kawasan Asia Timur mencapai 54,8%. Asia Bond Monitor menerbitkan publikasi mengenai analisis pasar di kawasan Asia setiap kuartal tahun. Kali ini, badan publikasi ini melakukan analisis pasar khusus pada negara-negara seperti Cina, Hong Kong, Taiwan, Indonesia, Korea Selatan, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Perkembangan pasar obligasi sebesar 54,8% tersebut naik apabila dibandingkan dengan porsi pada akhir Desember 2012 lalu yang mencapai 54,6% dan pada akhir Maret 2012 yang mencapai 52,8%.

Secara nominal, obligasi di Kawasan Asia Timur tumbuh sebesar 19,5% jika dilihat secara year on year. Pertumbuhan ini mencatatkan sebesar 2,4 triliun dollar Amerika Serikat. Sementara itu, obligasi pemerintah justru mencatatkan pertumbuhan yang rendah, yaitu mencapai 8,3%. Indonesia mencatatkan diri sebagai negara dengan pertumbuhan pasar obligasi terbesar di kawasan Asia Timur. Pertumbuhan obligasi di Indonesia mencapai 26,9% secara year on year menjadi US$ 20 miliar. Peringkat Indonesia ini di bawah Cina yang mencatatkan pertumbuhan sebesar 25,3% dengan pertumbuhan dana obligasi sebesar US$ 1,1 triliun. Cina merupakan pasar obligasi terbesar di kawasan ini. Pertumbuhan pesat pada pasar obligasi ini tentu saja menunjukkan indikasi mengenai semakin besarnya minat investor, baik investor lokal maupun investor luar negeri, untuk tetap berinvestasi dan mengelola modalnya di Indonesia.

Gambar: merdeka.com

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *