Teropong Bisnis | Homepage
Penyebab Meningkatnya Bisnis Properti Sewa

Penyebab Meningkatnya Bisnis Properti Sewa

0 Comments 🕔05.Jun 2013

Bisnis properti memang memiliki potensi yang besar untuk terus berkembang. Di Indonesia, khususnya di kota-kota besar memang memiliki peluang yang lebih untuk mengembangkan bidang properti. Ada dua macam gain profit yang bisa Anda peroleh dari bisnis properti, yaitu selisih antara harga beli dengan harga jual dengan keuntungan pasif yang Anda dapatkan dari menyewakan properti.

Saat ini, bisnis properti sewa di Indonesia dianggap tengah berkembang dengan sangat pesat. Perkembangan pesat terutama ditemukan di kawasan Jabodetabek. Saat ini, potensi untuk keuntungan return dari bisnis properti di Indonesia secara keseluruhan mencapai 8 hingga 11%. Pertumbuhan ini khusus untuk segmen kondominium. Untuk properti sewa, seperti perkantoran dan ruko kisaran rate pertumbuhan untuk tahun ini mencapai 5 hingga 6 persen di tahun ini.

Strategi Investasi untuk Properti Sewa

Bisnis properti sebagian besar termauk ke dalam bisnis investasi. Untuk berinvestasi di bidang properti, para investor juga akan memerlukan strategi khusus yang dipersiapkan agar produk yang diinvestasikan juga mampu berkembang dan membuahkan hasil. Perkembangan bisnis properti di Indonesia memang sebagian besar berpusat di Jabodetabek. Namun, di beberapa daerah lain di Indonesia, seperti di Yogyakarta, dan di Makassar juga merupakan bukti bahwa perkembangan bisnis properti masih berpeluang untuk melanda daerah-daerah lain di Indonesia. Perkembangan properti akan sangat berarti jika suatu wilayah kota juga menyediakan suatu wilayah khusus untuk bisnis, seperti Central Business District (CBD).

Khusus untuk pasar properti rumah tinggal, pertumbuhannya memang masih di bawah laju sewa untuk kondominium. Namun, jika lokasi aset untuk rumah tinggal lebih ditingkatkan, tidak menutup kemungkinan bahwa pertumbuhan rumah tinggal juga akan melampaui pertumbuhan pada kondominium. Jika Anda lihat pertumbuhan sewa rumah di kawasan Pondok Indah Jakarta saja mampu mencapai pertumbuhan hingga 20% setiap tahunnnya. Jika pertumbuhan serupa mampu dialami satu wilayah, kemungkinan pertumbuhan yang lebih pesat juga bisa dialami oleh wilayah lainnya.

Faktor Kenaikan Harga BBM

Broker properti independen, Antonius Jeffry, mengungkapkan bahwa melejitnya pertumbuhan bisnis properti di Indonesia ini disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu faktor utamanya adalah kenaikan harga BBM. Kenaikan harga BBM ternyata juga mempengaruhi daya beli masyrakat untuk menginvestasikan uang mereka di bidang properti. Saat ini, pasar sewa properti justru jauh melejit dari pada pasar jual-beli properti. Hal ini karena masyarakat yang cenderung lebih senang memiliki hunian yang belum pasti untuk sementara waktu sebelum akhirnya memiliki hunian pasti.

Karenanya, para pelaku bisnis pun juga turut mengikuti permintaan pasar dengan menyediakan properti sewa yang lebih. Tak heran jika pertumbuhan properti sewa juga jauh mengalami peningkatan. Selain mampu mendatangkan capital gain yang jauh lebih tinggi, investasi di bidang ini pun juga semakin hari semakin meningkat. Peluang ini pun dipandang sebagai kesempatan emas bagi para pengembang atau pun pelaku bisnis properti untuk mengembangkan bisnis yang mereka geluti.

Gambar: rumahku.com

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *