Teropong Bisnis | Homepage
Pengusaha Sukses CEO Raja Garuda Emas Sukanto Tanoto

Pengusaha Sukses CEO Raja Garuda Emas Sukanto Tanoto

0 Comments 🕔02.Jul 2013

Sukanto Tanoto merupakan salah satu sosok pengusaha sukses yang tidak kenal menyerah. Beliau lahir dengan nama Tan Kang Hao di Belawan, Medan pada tanggal 25 Desember 1949. Beliau merupakan sosok pengusaha terkenal di Indonesia. Perusahaan yang dimilikinya bernama CEO Raja Garuda Emas yang berpusat langsung di Singapura. Usaha ini melibatkan sektor kertas dan juga kelapa sawit. Tanoto juga pernah dinobatkan sebagai salah satu orang paling kaya di Indonesia di tahun 2006 oleh majalah Forbes. Tetapi pada tahun 2011 Forbes mendata kekayaan Tanoto masuk di peringkat ke-6. Meskipun demikian, ini adalah merupakan pencapaian yang luar biasa dari beliau, karena beliau berhasi memiliki total kekayaan dengan jumlah 2,8 Millyar US Dollar.

Pengusaha-Sukses-CEO-Raja-Garuda-Emas-Sukanto-Tanoto-2

Kisah Perjuangan Sukanto Tanoto

Kisah perjuangan beliau dalam membuka usaha juga diliputi oleh Jatuh dan Bangun. Di tahun 1989, Sukanto Tanoto mulai mendirikan sebuah Pabrik Pulp dengan nama PT Inti Indorayon Utama. Perusahaan ini dibangun di Desa Sosor Ladang, Sumatera Utara. Sayangnya pabrik yang beliau miliki ini berjalan dengan tidak lancar karena adanya konflik dengan penduduk setempat. Mereka berpendapat bahwa pabrik ini berpotensi untuk mencemari lingkungan setempat. Di samping itu masalah ini juga makin diperparah dengan adanya sengketa tanah yang terjadi dimasa itu. Banyak sekali sungai yang tercemar karena aktivitas pabrik, salah satunya adalah sungai Asahan yang tercemar secara dratis akibat adanya gas klor yang beracun. Ini terjadi setelah adanya ledakan boiler yang terjadi pada tahun 1993.

Semasa pemerintahan Soeharto, PT Indorayon memiliki ijin untuk bebas melakukan segala kegiatan karena didukung dan dekat dengan Soeharto pada masa itu. Inilah yang menjadikan demonstrasi public gagal untuk menghentikan kinerja dari pabrik tersebut. Namun, usai jatuhnya Soeharto di tahun 1998, tekanan yang dberikan oleh publik menjadi makin keras. Tekanan yang keras ini dijawab dengan teror oleh petugas militer yang dialami oleh perusahaan. Hasilnya, bentrokan yang besar pun terjadi dan tidak terhindarkan. Enam orang diberitakan tewas pada waktu itu dan sisanya mengalami luka-luka. Pada akhirnya pabrik ini ditutup secara permanen oleh Presiden Abdurahman Wahid.

Sukanto Tanoto Konglomerat Lulusan SD

Sukanto Tanoto pada ahirnya berhasil bangkit lagi dan kemudian mendirikan usaha kelapa sawit yang baru. Beliau merupakan sosok yang patut dicontoh karena kegigihannya dalam berjuang. Bagaimana mungkin orang yang lulus Tamatan SD seperti Soekanto Tanoto saja bisa menjadi Miliader, bagaiman dengan mereka yang lulus sarjana? Pastinya harus lebih baik lagi dibandingkan dengan beliau. Konglomerat PT Raja Garuda Emas ini tercatat masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Sukanto Tanoto juga adalah sosok yang dihormati oleh semua kalangan karena beliau mampu untuk membaur dengan segala lapis masyarakat baik itu kalangan bawah sampai kalangan atas.

Pengusaha-Sukses-CEO-Raja-Garuda-Emas-Sukanto-Tanoto-3

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *