Teropong Bisnis | Homepage
Olivia Lum, Contoh Nyata Kerja Keras Pantang Menyerah Berujung Kesuksesan

Olivia Lum, Contoh Nyata Kerja Keras Pantang Menyerah Berujung Kesuksesan

0 Comments 🕔19.Nov 2013

Olivia Lum dinobatkan sebagai salah satu orang terkaya versi majalah Forbes. Tetapi, bila Anda melihat masa lalunya, tidak ada gambaran bahwa dia menjadi sukses seperti saat ini.

Olivia lahir di Kampar, Perak, Malaysia pada 1961 dan dia diadopsi oleh nenek tunawisma yang hidup di wilayah kumuh. Rumahnya sangat kecil bahkan saat hujan dia selalu kebanjiran. Nenek pengadopsinya ketagihan judi dan mempunyai banyak hutang.

Pada masa kecilnya, dia sering menyaksikan orang berkelahi hanya untuk sepiring nasi. Dia juga sering mendengar kata-kata kotor, umpatan dan banyak lagi. Dapat dikatakan, masa kecilnya sungguh bukanlah masa kecil yang bahagia.

Tetapi, karena hal ini pula, Olivia mempunyai tekad untuk keluar dari nasib buruknya. Dia percaya dengan pendidikan dan kerja keras, dia dapat mengangkat derajat kehidupannya.

Pada usia 15 tahun, Olivia memutuskan untuk hijrah ke Singapura karena dirasanya pendidikan di negara ini lebih baik. Dia masuk Tiong Bahru Secondary School, lalu Hwa Chong Junior College dan melanjutkan ke Universitas Nasional Singapura (NUS). Dia lulus sebagai sarjana kimia pada tahun 1986.

Olivia Lum bekerja apa saja, mulai menjual kosmetik sampai detektor asap untuk bertahan hidup. Untuk biaya sekolah, dia mengejar beasiswa. Setelah lulus, dia bekerja di NUS sebagai tenaga honorer.

Baru pada usia 28 tahun, dia bekerja di perusahaan Glaxo Pharmaceutical sebagai ahli kimia. Di perusahaan ini, dia hanya bertahan 4 tahun.

Setelah itu, Olivia memulai bisnisnya sendiri pada 1989, yaitu perusahaan air mineral Hyflux. Modal awal sebesar SIN$ 20 ribu yang dia dapat dari menjual mobil dan apartemennya.

Bisnisnya ini berkembang pesat karena di Singapura belum ada pesaing kuat. Dan dalam waktu 10 tahun, atau tahun 2000, Hyflux berhasil menguasai pasar air mineral di Asia dengan segmen konsumen kelas atas.

Bisnis Olivia ini sempat diremehkan karena hanya mempunyai tiga karyawan pada awal usaha. Tetapi, pada 2005, usahanya mampu mendapatkan keuntungan bersih sebesar US$ 240 juta atau Rp. 2,2 triliun.

Aset perusahan ini mencapai SIN$ 1 miliar atau Rp. 6,5 triliun dan karyawan sebanyak 800 orang.

Salah satu kunci sukses usahanya ini adalah Olivia langsung turun pada proses produksi. Selaini tu, ada banyak inovasi menakjubkan yang Olivia buat. Contohnya pada tahun 2001 saat Hyflux sukses mendaur ulang air untuk menjadi air minum.

Hyflux juga sukses membuat pabrik penyulingan air laut pertama di Singapura. Hal ini juga menjadikan Hyflux menjadi solusi untuk desalinasi air laut, daur ulang air, pengolahan air limbah dan lainnya, bahkan terbesar di dunia.

Selain itu, Olivia juga selalu memperlakukan kliennya seperti raja. Pernah dia langsung menuju ke China saat pekerjaannya disana mengalami hambatan dan dia langsung menyelesaikan persoalannya.

Hal ini pula yang membuat pejabat di China terkesan. Hasilnya, Olivia Lum dipercaya untuk menangani proyek pengolahan air di China.

Saat ini, Hyglux mempunyai 1.000 pabrik di 400 lokasi di seluruh dunia. Dan Olivia sedang mencoba untuk mengembangkan bisnisnya untuk daerah Amerika dan Eropa Selatan.

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *