Teropong Bisnis | Homepage
Nekat, Awal Sukses dalam Menghidangkan Kuliner Khas Cirebon

Nekat, Awal Sukses dalam Menghidangkan Kuliner Khas Cirebon

0 Comments 🕔03.Oct 2013

Setiap kota atau daerah memiliki ciri khas tersendiri termasuk di dalam bidang kuliner. Cirebon juga memiliki hidangan khas yang membuat banyak orang ingin mencicipi. Dua di antara kuliner khas Cirebon, adalah empal asem dan empal gentong. Dua hidangan ini bisa didapat dengan mudah di berbagai sudut kota Cirebon.

Empal asem dan empal gentong khas Corebon ini sangat populer. Hidangan dengan kuah mirip gulai ini banyak disajikan di rumah makan atau restoran di Cirebon. Salah satunya adalah RM Empal Gentong dan Empal Asem milik H Machfud atau sering juga disapa dengan nama Haji Apud.

Rumah makan yang dikelola Haji Apud sudah terkenal dan menjadi salah satu rumah makan favorit banyak orang. Tentu saja, hidangan utama yang ditawarkan oleh rumah makan ini adalah dua empal berkuah ala Cirebon. Ketenaran yang dimiliki oleh rumah makan ini tidak lepas dari usaha Haji Apuk sejak tahun 1993.

Pria yang lahir pada tanggal 9 Oktober 1955 ini membangun usahanya dengan modal kurang lebih Rp. 300.000. Selain itu, beliau juga mengaku nekat untuk membuka usaha. Pada saat itu, Haji Apud hanyalah seorang pengangguran. Beliau memberanikan diri untuk membuka usaha daripada hanya terus menganggur tanpa memiliki penghasilan.

Saat membuka usaha, Haji Apud tidak sendirian. Ada penjual empal gentong keliling yang diajak bekerja sama. Berdua, mereka mendirikan warung sederhana yang menjual empal gentong dengan harga murah yaitu Rp. 1.500 per porsi dari sekitar 10 kilogram daging sapi dan jeroan disiapkan setiap harinya. Saat itu yang dijual hanya empal gentong yang memang lebih populer di dalam ranah kuliner khas Cirebon dan Haji Apud masih belajar untuk membuat empal gentong yang enak.

Usaha dari Haji Apud dan rekan bisnisnya mulai membuahkan hasil. Namun setelah beberapa tahun berjalan, sang rekan bisnis memilih untuk mundur dari bisnis. Walhasil, Haji Apud harus bisa meneruskan dan mengembangkan usaha rumah makan khas Cirebon miliknya.

Meskipun ditinggal oleh rekan bisnis, Haji Apud mampu untuk mengembangkan usaha. Saat ini beliau sudah mengantungi kesuksesan yang tidak sedikit nilainya. Haji Apud dan Istrinya bisa berangkat dan menunaikan ibadah haji pada tahun 2009 yang lalu.

Saat ini, Haji Apud mampu menjual sekitar 70 kilogram daging setiap harinya dan jumlahnya meningkat hingga 1 kuintal di akhir pekan. Ada 25 orang pegawai yang membantu di rumah makan setiap hari. Omset yang dimiliki oleh Haji Apud mencapai Rp. 14,7 juta hingga Rp. 21 juta di setiap hari.

Jika Anda kebetulan berkunjung ke Cirebon, tidak ada salahnya untuk mampir dan mencicipi kuliner khas Cirebon. RM Empal Gentong dan Dempal Asem Haji Apud terletak sekitar 5 km ke arah Barat dari pusat kota Cirebon. Satu porsi empal gentong dan empal asem dihargai Rp. 16.000 per porsi tanpa nasi atau lontong.

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *