Teropong Bisnis | Homepage
Negara-Negara Berdaya Saing Tinggi di Dunia

Negara-Negara Berdaya Saing Tinggi di Dunia

0 Comments 🕔04.Jun 2013

Baru-baru ini, sebuah institusi pendidikan berbasis bisnis di Swiss, yaitu IMD merilis peringkat mengenai negara-negara yang memiliki daya saing tinggi di seluruh dunia. Dalam daftar tersebut, terdapat 60 negara dari seluruh dunia yang dijadikan sampel untuk disurvei oleh lembaga ini. Ada beberapa negara yang menempati peringkat tertinggi dan beberapa negara yang menempati peringkat terendah. Negara-negara mana saja yang menempati peringkat tertinggi? Sementara itu, ada di peringkat ke berapa Indonesia?

Profesor Stephane Garelli, direktur utama dari lembaga pendidikan bisnis IMD World Competitiveness Center mengungkapkan bahwa negara-negara di Eropa kian menurun karena krisis hutang yang melanda beberapa tahun yang lalu. Hal ini justru membuat Amerika Serikat naik untuk kembali menjadi negara yang memiliki daya saing tertinggi di dunia. Tahun ini, Amerika Serikat berhasil mengalahkan Jepang dalam hal daya saing ekonomi. Saat ini, Jepang dinilai masih terlalu lamban karena perdebatan mengenai anggaran yang sepertinya tak kunjung usai. Debat mengenai pengetatan anggaran di Jepang membuat negara ini terdepak dari jajaran atas negara-negara yang memiliki daya saing tertinggi di dunia.

Kriteria Penilaian

Penilaian daya saing ditentukan oleh beberapa hal. Salah satu hal yang menjadi tolak ukur penilaian yang utama adalah dinamisme ekonomi. Dinamisme ekonomi berarti suatu negara harus memiliki kondisi ekonomi serta pertumbuhan ekonomi yang dinamis serta mampu mempertahankan berbagai stabilitas di berbagai sektor. Selain dinamisme ekonomi, faktor lain yang dinilai adalah keterampilan tenaga kerja. Keberadaan tenaga kerja akan sangat berpengaruh karena hal ini lah yang menjadi landasan utama bagi sebuah negara untuk maju dan berkembang. Selain itu, akses pembiayaan yang mudah juga turut menjadi aspek yang dinilai. Pembiayaan yang mudah menyangkut juga kemudahan akses investor serta berbagai hal yang berhubungan dengan kelancaran indurstri.

Selain dari berbagai aspek perekonomian, kekuatan riset serta pengembangan budaya ternyata juga menjadi tolok ukur untuk menentukan kekutan daya saing sebuah negara. Dalam hal ini, riset memang akan selalu menjadi hal yang sangat potensial untuk dijadikan pegangan dalam mengembangkan perekonomian negara. Selain itu, pengembangan budaya juga dinilai karena kebiasaan hidup masyarakat yang terpaku pada kebiasaan lama akan menghambat percepatan pembangunan serta menghambat pertumbuhan ekonomi yang merata.

Negara-Negara Berdaya Saing Tinggi di Dunia

Dimana Peringkat Indonesia?

Dalam peringkat yang disusun oleh IMD ini, Indonesia menempati peringkat ke-39. Posisi Indonesia masih jauh di bawah negara-negara lain di Asia Tenggara. Singapura menempati peringkat ke-5. Sementara itu, Malaysia menempati posisi ke-15. Posisi yang mendekati Indonesia adalah Thailand dan Filipina yang masing-masing menempati peringkat 27 dan 38.

Peringkat ini seharusnya dijadikan  tolak ukur bagi Indonesia untuk lebih memperbaiki berbagai aspek yang bisa mendukung untuk meningkatkan daya saing Indonesia di dunia internasional. Jika memang Indonesia berniat untuk menjadi negara maju di beberapa dekade ke depan, perubahan haruslah dimulai dari sekarang.

 Gambar: genevalunch.com; businessweek.com

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *