Teropong Bisnis | Homepage
Mooryati Soedibyo, Pengusaha Wanita di Bisnis Jamu dan Kosmetika Tradisional

Mooryati Soedibyo, Pengusaha Wanita di Bisnis Jamu dan Kosmetika Tradisional

0 Comments 🕔04.Oct 2013

Nama Mooryati Soedibyo pasti sudah cukup sering didengar, mengingat ia adalah seorang wanita pengusaha yang sangat terkenal. Berkat sentuhan tangan dinginnya, merk Mustika Ratu merupakan salah satu produk kecantikan lokal Indonesia yang mampu bersaing kuat dengan produk-produk kosmetika impor. Tidak hanya Mustika Ratu adalah brand untuk kosmetika, Mooryati Soedibyo juga berhasil mengangkat citra jamu tradisional yang wajib untuk dilestarikan. Bahkan, jamu-jamu racikan dari brand Mustika Ratu mampu bersanding sejajar bahkan mengungguli obat-obatan kimiawi yang dikeluarkan industri farmasi lainnya.

Mooryati Soedibyo adalah seorang wanita Jawa asli yang lahir di Surakarta, Jawa Tengah pada tanggal 5 Januari 1928. Tak lama setelah ia menikah, wanita pengusaha ini kemudian merintis usaha jamu pada tahu 1960an yang mendapat dukungan penuh dari suaminya. Sebagai seorang istri pegawai negeri, ia memiliki banyak waktu luang untuk berkreasi dengan hobinya sebagai peracik jamu, sekaligus mengembangkan bakatnya di bidang bisnis. Setelah anak-anaknya beranjak dewasa, ekskalasinya sebagai seorang pengusaha terus-menerus meningkat, selain itu bisnisnya juga mengalami perkembangan yang sangat pesat.

Mooryati menganggap jamu merupakan elemen yang sangat penting dalam menjaga kesehatan secara lahir dan batin. Selain itu, wanita juga perlu menjaga kecantikannya dengan menggunakan kosmetika yang berkualitas. Dengan konsep tradisional serta menggunakan bahan-bahan alami, jaringan pemasaran produk-produk obat dan kosmetika mampu mengantarkan Mustika Ratu sebagai brand bertaraf internasional. Perusahaan yang berdiri pada tahun 1975 ini mampu menembus pasar mancanegara, antara lain Singapura, Malaysia, Philipina, Jepang, Taiwan, Timur Tengah, Rusia, Belanda dan beberapa negara lainnya. Maka, tidak heran jika ekspor jamu-jamuan dari Mustika Ratu mampu menyumbang pendapatan sebesar 15 persen dari keseluruhan pendapatan perusahaan.

Secara umum, jamu memang dikenal sebagai salah satu bagian dari gaya hidup masyarakat di Indonesia, bahkan pada era modern seperti saat ini. Jamu, yang dibuat dari bahan-bahan natural dari tumbuh-tumbuhan dan rempah-rempah, menjadi suatu alternative pada saat masyarakat mulai jenuh dengan berbagai macam obat kimia dengan segala macam efek sampingnya. Menariknya, di tangan Mooryati Soedibyo, prestige jamu seolah meningkat. Jika sebelumnya jamu dianggap sebagai pengobatan yang kurang menarik minat masyarakat atau bahkan lebih sering dikonsumsi masyarakat menengah ke bawah, maka, dengan brand Mustika Ratu, jamu menjadi lebih berkelas. Selain itu, masyarakat juga dengan mudah mengakui kemampuan nenek moyang dalam mengolah tumbuh-tumbuhan menjadi solusi pengobatan yang cukup efektif.

Kampanye dunia tentang back to nature juga menjadi alasan lain mengapa jamu dan kosmetika tradisional menjadi sangat diminati. Apalagi, dalam sistem pengolahannya, Mooryati Soedibyo dan Mustika Ratu-nya juga menekankan pada penggunaan peralatan yang tidak merusak lingkungan. Tidak heran, jika seluruh lapisan masyarakat, dari kalangan elit hingga masyarakat biasa menjadi pengguna fanatik jamu hingga saat ini.

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *