Teropong Bisnis | Homepage
Mengenal Nendo dan Peluang Bisnisnya

Mengenal Nendo dan Peluang Bisnisnya

0 Comments 🕔24.Apr 2013

Segala jenis kegiatan dan kegemaran jika telaten dilakukan dan juga dilakukan secara kreatif akan mampu memberikan nilai. Bahkan tidak jarang, dari kegemaran atau hobi tersebut dapat menghasilkan omset atau penghasilan yang lumayan besar. Memiliki kegemaran bukan sesuatu hal yang sia-sia terlebih jika kita memang melakukannya dengan hati. Apapun kegemaran kita, akan mampu memberikan dampak yang baik pula. Seperti, misalnya kegemaran akan karya seni, seperti clay. Membuat clay art memang hal yang cukup menyenangkan bagi mereka yang hobi.

Menghabiskan waktu untuk menekuni hal tersebut mungkin bagi sebagian orang merupakan hal yang sia-sia dan membuang waktu, namun tidak bagi Emy Subagyo yang awalnya hobi membuat clay dari bahan roti tawar yang sudah basi atau sering disebut dengan istilah “Nendo”. Kita dapat dengan mudah melihat hasil karyanya di sebuah rumah makan di Bogor miliknya yang terletak di Jl. Sudirman. Beragam hasil karya buatannya dipajang di sana, antara lain beragam jenis boneka nendo, lukisan, dan juga hiasan dinding nan cantik.

Berawal dari Kegemaran

Sesuatu yang berawal dari kegemaran akan mampu memberikan yang terbaik, terlebih untuk sebuah usaha atau bisnis, karena tentu saja kita akan melakukan yang terbaik. Begitu pula dengan Emy yang memiliki kegemaran akan dunia kerajinan, terlebih nendo, sejak beliau dan suaminya tinggal di Jepang, asal muasal dari kerajinan Nendo tersebut sejak tahun 2004. Selama kurang lebih enam tahun, beliau belajar dasar-dasar kerajinan Nendo. Di tengah kewajibannya sebagai seorang istri dan ibu, ia memanfaatkan waktu luangnya untuk belajar Nendo kepada seorang guru. Hobinya tersebut berjalan terus menerus dan akhirnya bisa mahir membuat kerajinan Nendo seperti saat ini., bahkan karya lukisan Nendonya terjual senilai puluhan juta rupiah.

Mengenal Nendo dan Peluang Bisnisnya

Nendo di Indonesia sendiri menjadi sesuatu yang sangat menarik dan cukup banyak diminati karena bahan dasarnya yang cenderung lebih murah daripada clay dari pabrikan. Untuk membuat Nendo, bahan baku utamanya antara lain roti tawar yang telah basi, lotion, dan juga lem. Tentu saja untuk membuat Nendo lebih tahan lama atau awet dan tidak mudah berjamur, diperlukan resep khusus dalam proses pembuatannya. Setelah kembalinya beliau ke Indonesia, sekitar tahun 2001 beliau mulai menerima pesanan kerajinan Nendo tersebut. Hingga saat ini pun beliau juga membuka kursus Nendo bagi semua kalangan baik itu orang tua, remaja, maupun anak-anak, dapat belajar mengenai kerajinan Nendo tersebut.

Beraneka Macam Clay

Clay pada dasarnya terbagi atas beragam jenis, dari mulai yang paling populer dan umum, yakni lilin mainan anak-anak hingga clay yang terbuat dari tepung-tepungan seperti terigu, maizena, tapioka, beras dan sebagainya. Clay yang terbuat dari tepung-tepungan tersebut lebih disukai bagi para pecinta kerajinan. Tepung tersebut hanya perlu dicampur dengan lem dan diberi warna.

Mengenal Nendo dan Peluang Bisnisnya

Cukup mudah dan murah. Selain mudah dan murah, kerajinan clay, termasuk juga Nendo ini memiliki banyak sekali manfaat, misalnya sebagai terapi bagi para lanjut usia untuk menjaga memorinya. Selain itu, sebuah kerajinan dengan kreatifitas dan seni akan menghasilkan sebuah karya seni yang tak ternilai, selain itu dapat membuka sebuah peluang usaha pula.

Gambar: travel.kompas.com, arumsn.blogspot.com

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *