Teropong Bisnis | Homepage
Mengagumkan! 210 Juta Per Bulan dari Bisnis Arang

Mengagumkan! 210 Juta Per Bulan dari Bisnis Arang

0 Comments 🕔05.May 2014

Di dalam dunia bisnis, semangat pantang menyerah terbukti menjadi pembeda kesuksesan setiap orang. Hal ini tampak dari apa yang dialami oleh Ana Riswati (36). Mungkin bila dihitung, dia mengalami lebih banyak kegagalan daripada keberhasilan. Akan tetapi, semangat pantang menyerahnya mengantarkannya menjadi salah satu pengusaha arang yang sukses.

Binsis arang Ana diawali dari keluhan temannya yang kesulitan memenuhi permintaan arang. Modal nekat, Ana mencoba memproduksi arang sendiri. Dia bahkan membeli arang dari warga sekitar rumahnya untuk dijual ke pengepul.

Setelah beberapa waktu, perusahaannya, UD Sri Bintang mulai dipercaya banyak orang. Pada awalnya, Ana hanya memasarkan produknya di pasar lokal. Tetapi, dia akhirnya mengembangkannya. Hal ini menyebabkan banyak pesanan datang, hingga Ana mengaku kewalahan memenuhi pesanan yang datang.

Seperti yang disebutkan diatas, Ana juga mengalami banyak kegagalan. Banyak kegagalan disebabkan oleh salah perhitungan yang dilakukan oleh Ana. Karena hal ini pula, Ana berinisiatif untuk menambah pengetahuannya. Dia belajar dari 4 pebisnis arang yang sudah sukses di daerahnya.

Ilmu yang didapat Ana lantas dipadukan untuk menciptakan formula khas milik Ana sendiri. Dari sini, tercipta produk arang unik buatan Ana.

Kerja keras Ana membuatnya mendapatkan hasil yang memuaskan. Jaringan pemasarannya pun berkembang, sehingga dia mampu merambah pasar ekspor.

Saat ini, Ana sering mengekspor arang yang dikemas dengan pemantik api ke Korea Selatan dan beberapa negara Timur Tengah. Bahkan, dia harus menyediakan 3 peti kemas untuk pesanan dari Korea Selatan.

Menurut Ana, bisnis arang miliknya dapat menjadi sukses karena kualitas yang dia selalu perhatikan. Ana percaya bahwa kepercayaan konsumen akan datang, bila kita mampu mempertahankan kualitas produk kita.

Untuk menjaga kualitas ini, Ana menggunakan beberapa inovasi. Salah satunya adalah penggunaan oven. Oven dapat menghasilkan arang dengan kadar air yang rendah. Hal ini yang membuat pembakaran saat digunakan terjadi secara sempurna dan produk arang menjadi lebih berat.

Ana bahkan menggunakan oven untuk memproduksi 70% dari arang buatannya. Hasilnya, konsumennya sangat puas dan usahanya ini berkembang.

Tetapi, seperti bisnis lainnya, bisnis arang Ana juga banyak menghadapi hambatan. Contohnya, saat musim penghujan, bahan baku sangat sulit didapat. Hal ini dikarenakan kendaraan pengangkut bahan baku sulit mencapai tempat untuk mendapatkan bahan baku.

Usaha yang dimulai tahun 2008 ini, kini sangat berkembang. Omzet yang didapat Ana bahkan mencapai Rp. 210 juta per bulan. Dan, untuk menjalankan bisnis arang miliknya ini, Ana dibantu oleh 26 orang karyawan. Sebagian besar karyawannya ini adalah perempuan.

Saat ini, Ana mempunyai beberapa rencana pengembangan yang ingin dia lakukan. Salah satunya adalah membangun pabrik arang baru dengan kapasitas produksi yang lebih besar. Pabrik baru ini diperlukan untuk memenuhi pesanan konsumen yang semakin banyak.

bisnis arang, keuntungan bisnis, peluang usaha, ide bisnis, wirausaha

BACA JUGA:

Sang Miliarder Pemilik Butik Busana Muslim

Kisah Sukses Bakso Ikan, Saefudin dan Redy

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *