Teropong Bisnis | Homepage
Martua Sitorus, Raih Mimpi Jadi Pengusaha Sukses

Martua Sitorus, Raih Mimpi Jadi Pengusaha Sukses

0 Comments 🕔06.Jul 2013

Martua-Sitorus-Raih-Mimpi-Jadi-Pengusaha-Sukses-1

Forbes Akui Martua Sitorus

Forbes  saja mengakui Martua Sitorus sebagai pengusaha sukses asal Indonesia.  Martua Sitorus alias Thio Seng Hap adalah pendiri dan sekaligus pemilik Wilmar International Limited. Beliau adalah orang asli Siantar, Medan, Sumatera Utara. Sewaktu muda dulu, beliau adalah mahasiswa Universitas HKBP Nommensen, Medan, Sumut. Perusahaannya, Wilmar, merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang agrobisnis terbesar di wilayah Asia. Perusahaan Wilmar International Limited tergolong sebagai perusahaan terotentik di Indonesia. Meskipun perusahaan ini tidak didirikan di Indonesia, melainkan di Singapura, namun eksistensi perusahaan milik Martua Sitorus ini sangat populer di Indonesia. Bagaimana tidak, di Tanah Air sendiri, Martua  Sitorus mempunyai  sekitar 48 perusahaan yang aktif beroperasi. Salah satu diantara ke-48 perusahaan tersebut adalah PT Multimas Nabati Asahan yang mana produk Andalannya adalah minyak goreng dengan merk Sania.

Kilas Balik Karir seorang Martua Sitorus

Pada tahun 2005 lalu, Wilmar menjadi kelompok usaha dengan nama Wilmar International Limited dengan total aset yang dimiliki sekitar 1.6 miliar US $ dan total profit yang didapat sekitar 58 US $ dari total pendapatan 4.7 US $. Pada mulanya, Martua Sitorus hanya berbisnis minyak sawit kecil-kecilan ke Singapura dan beberapa wilayah di Indonesia. Lalu pada tahun 1991, beliau berhasil memproduksi minyak kelapa sawit dari lahannya sendiri yang sangat luas, yaitu dengan luas 7100 hektar. Bertahun-tahun lamanya beliau merintis perusahaan di  negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia hingga pada tahun 2000, beliau memproduksi sebuah produk minyak goreng baru Sania. Beberapa tahun kemudian, Martua Sitorus berhasil menjadi pemilik perusahaan agrobisnis terbesar se-Asia yang menerapkan strategi bisnisnya dari hulu  hingga ke hilir.

Tepatnya pada tahun 2005, Perusahaan Wilmar memiliki total lahan kelapa sawit seluas 69.217 hektar, 7 kapal tanker, 65 pabrik, dan sekitar 20ribuan karyawan. Di tahun yang sama, Wilmar sudah mulai mengekspor produk-produknya ke 30 negara. Puncak prestasi Wilmar terjadi pada tahun 2006 di mana Wilmar berhasil menembus pasar dengan pendapatan super besar yaitu 2 miliar US $. Tak heran jika Martua Sitorus selaku pendiri Wilmar dinobatkan sebagai orang terkaya keempat di Indonesia dari 40 nama di tahun 2010. Martua pun mendapatkan julukan sebagai ‘Palm Oil King’ oleh Forbes karena ia mendapatkan pendapatan bersih 3.2 miliar US $.

Seorang teman Martua Sitorus mengatakan bahwa salah satu kunci sukses Martua sangat berhasil di bisnisnya adalah karena ia sangat agresif dan tidak ingin kehilangan peluang penjualan pada perusahaannya. Selain itu, beberapa saudara dan kerabat juga menjadi ‘pentolan’ Wilmar yang mana saudara dan kerabat menduduki jabatan penting dalam perusahaan. Wilmar, baru-baru ini, dikabarkan sedang menjalin kerjasama bisnis dengan perusahaan AS yang bergerak di bidang kuliner. Rencananya target bisnis kuliner Wilmar dan Kellog, nama perusahaan asal AS tersebut, adalah Cina .

Martua-Sitorus-Raih-Mimpi-Jadi-Pengusaha-Sukses-4

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *