Teropong Bisnis | Homepage
Lim, Miliarder Perkebunan Kelapa Sawit

Lim, Miliarder Perkebunan Kelapa Sawit

🕔16.Nov 2013

Indonesia menjadi negara dengan penduduk terbanyak keempat di dunia. Dengan banyaknya penduduk ini, artinya, SDM Indonesia sangat unggul. Dan, memang, ada beberapa putra bangsa yang sukses di dunia, seperti Kuncoro Wibowo, bos Ace Hardware dan juga Lim Hariyanto Wijaya Sarwono.

Nama terakhir berhasil masuk top 40 orang terkaya di Indonesia. Pencapaian ini berhasil dia dapatkan setelah perusahaan perkebunan sawit miliknya, Bumitama Agri, go public di Singapura seperti yang ditulis oleh Bloomberg.

Lim menguasai sekitar 53% saham perusahaan bersama putranya, Lim Gunawan Hariyanto. Dan saat IPO, nilai sahamnya melampaui perusahaan lainnya yang mencapai US$50 juta.

Lim juga berencana untuk menjual sebagian saham bisnis pertambangan nikelnya di bursa Singapura. Noor Quek, head of business development Southeast Asia di Citigroup Inc.’s private-banking unit dan  kantor penasehat keluarga NQ International Pte di Singapura mengatakan hal ini dikarenakan meningkatnya permintaan sumber daya alam dari Asia.

Suksesnya ini berawal saat ayahnya membuka toko kelontong hampir seabad yang lalu dan usaha ini diteruskan Lim sebagai awal dari perusahaannya. Dia lalu merambah ke industri kayu, dengan perusahaan Tirta Mahakam sejak 1999 dan masuk ke sektor pertambangan umum untuk nikel.

Lim berasal dari Samarinda, Kalimantan. Dia mempunyai seorang istri bernama Rita Indriawati dan tujuh anak. Ayah dan ibunya, Lim Tju King dan Lim Hariyanto adalah perantau dari Fujian Cina. Dan dari usaha kelontong yang dirintis oleh orang tuanya, Lim berhasil menjadi orang terkaya ke-30 di Indonesia versi Forbes 2012 dengan kekayaan sebesar US$ 1,03 miliar.

Keluarganya juga ikut dalam bisnisnya ini. Contohnya, Gunawan, 52, sebagai kepala eksekutif Bumitama dan Gunardi Hariyanto Lim, 47, adalah wakilnya.

Lim mengawali kesuksesannya dengan membangun Harita Group yang bergerak dibidang perdagangan kayu log dan manufaktur kayu lapis pada 1983. Tahun 1999, usahanya terdaftar di Jakarta dengan nama Tirta Mahakam Resources. Keluarganya memiliki 34% saham diperusahaannya ini.

Lim juga bekerjasama dengan Rio Tinto Plc (RIO) untuk usaha pertambangan emas di Kelian, Kalimantan Timur. Harita Jayaraya milik Lim memiliki 10% saham dan RIO memiliki 90% saham di PT. Kelian Equatorial Mining. Tambang emas ini memulai usahanya pada 1992 kemudian ditutup pada 2005 saat cadangan emas menurun.

Tahun 1996 Lim juga bekerjasama dengan Thailand Lanna Resources Pcl (Lanna) dalam usaha tambang batu bara. Lim memegang 35% saham dalam proyek ini. Pada tahun ini pula, Harita membeli land bank seluas 17.500 hektar di Kalimantan Tengah untuk memulai bisnis kelapa sawitnya.

Tahun 2007, perusahaan sawit miliknya melakukan IPO dan sahamnya dibeli oleh IOI Corp, produsen minyak sawit asal Malaysia sebesar 31%.

Tahun 2012, perusahaan Lim menaikkan nilai sahamnya sebesar US$250 juta pada IPO pertambangan nikel di Singapura. Bloomberg mencatat nilai perusahaan naik menjadi lebih dari US$800 juta.

IPO perusahaan Lim mampu menarik investor besar, seperti Wilmar International Ltd dan didalamnya ada miliarder Robert Kuok dengan saham sekitar 28%. Perusahaan Lim juga memperoleh 35 persen atau naik 3,2% pada benchmark di Singapura Straits Times Index. (FSSTI).

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,