Teropong Bisnis | Homepage
Li Ka Shing: Sosok Sederhana dengan Integritas Kuat

Li Ka Shing: Sosok Sederhana dengan Integritas Kuat

0 Comments 🕔14.Apr 2013

Sebagai orang Asia yang menempati peringkat pengusaha terkaya di dunia, Li Ka Shing memiliki kekayaan sebesar 25,5 Miliar Dolar. Dia adalah seorang konglomerat Hong Kong yang menjadi kepala perusahaan Hutchison Whampoa Limited (WHL) dan Cheung Kong Holdings. Tahun 2001, majalah Asiaweek menobatkan dirinya sebagai orang paling berpengaruh di Asia.

Dia juga merupakan seorang pengusaha yang dikenal paling dermawan di Asia. Akibat dari pengaruh kekuatan bisnisnya di Asia, Li sering dijuluki sebagai Superman. Namun dengan segala kekayaan yang berlimpah, Li ternyata punya kebiasaan sederhana dalam keseharian. Terbukti dengan setelan busana hitamnya yang sederhana dan jam bermerek Seiko yang melingkar di pergelangan tangannya.

Pengusaha Terkaya yang Putus Sekolah

Li Ka Shing dilahirkan  di provinsi Guangdong, Cina pada 13 Juni 1928. Sebelum usia 15 tahun, ia harus putus sekolah setelah kematian ayahnya. Saat itulah dia mulai bekerja di perusahan plastik dengan 16 jam kerja setiap harinya. Tahun 1950, dia mendirikan perusahaan pertamanya, Cheung Kong Industries. Li berhasil mengembangkan bisnisnya menjadi perusahaan real estate yang diperhitungkan di Hong Kong pada tahun 1972. Li pun akhirnya mengembangkannya dengan menggaet Hutchison Whampoa dan Hongkong Electric Holdings Limited di tahun 1979 dan 1985. Jaringan bisnisnya meliputi hampir seluruh aspek di Hong Kong. Mulai dari perusahaan listrik, real estate, penjualan dan internet. Kelompok perusahannya beroperasi di 55 negara dengan lebih dari 260.000 pekerja di seluruh dunia.

Li mengawali karirnya sebagai seorang anak guru yang putus sekolah, seorang pengungsi dan akhirnya salesman. Melalui serangkaian kerja keras dan moralitas yang teguh, dia berhasil membangun kerajaan bisnis yang meliputi perbankan, konstruksi, real estate, plastik, handphone, televisi satelit, hotel, transportasi dan industri baja. Bisnisnya juga dikembangkan di Singapura dan Kanada dengan beberapa investasi untuk real estate.

Pria berusia 84 tahun ini menetap di Hong Kong. Ia juga mendirikan yayasan untuk dikembangkan ke dalam sektor pendidikan dan kesehatan. Untuk menunjang yayasan tersebut, Li menggelontorkan anggaran sebesar 1,8 Miliar Dolar. Ia juga meningkatkan pelayanan publik dengan sarana pembuangan sampah melalui bisnisnya. Dikabarkan juga bahwa Li memiliki saham di jejaring sosial Facebook.

Pola Hidup Disiplin dan Integritas Kuat

Bahkan di usianya yang sangat tua, Li masih bekerja keras demi orang-orang di sekelilingnya. Hingga saat ini, kesehatannya tergolong bagus untuk orang seusianya. Dalam sebuah wawancara, Li mengungkapkan kebiasaan bangun paginya yang tak pernah berubah sejak dulu. Setiap hari, dia bangun sebelum jam 6 pagi dan bermain golf selama sekitar 1 jam. Jadwal tidurnya adalah 8 jam setiap hari dan dia rajin melakukan treadmill selama 15 menit setiap sore. Melalui integritas sikap dan tujuan, Li menekankan bahwa setiap orang harus siap dan sanggup untuk mengemban tanggung jawab masing-masing.

Gambar: aviva.co.id

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *