Teropong Bisnis | Homepage
Leo Chandra Sukses Merintis Columbia

Leo Chandra Sukses Merintis Columbia

🕔02.Nov 2013

Perjalanan sukses seorang Leo Chandra dalam menjalankan bisnis tidaklah mulus. Ia sudah beberapa kali menjadi korban kerusuhan tapi ia tetap tidak gentar. Hasilnya, jaringan toko kreditnya yaitu PT. Columbia mampu bertahan hingga 29 tahun. Hingga saat ini, Leo sudah memiliki 500 cabang. Omzetnya juga sangat fantastis yaitu mencapai Rp. 2 trilliun per tahun.

Leo Chandra yang merupakan pucuk pimpinan sekaligus pendiri PT. Columbindo Perdana yang juga dikenal dengan Columbia ini mengaku tidak patah arang termasuk kondisi buruk menerpa bisnisnya. Perjuangan dan keuletannya tersebut akhirnya berbuah manis. Columbia sendiri terkenal dengan aneka perabot rumah tangga, batang elektronik, ponsel, alat musik.

Uniknya, toko ini menyediakan 2 cara pembayaran yaitu sistem kontan dan sistem kredit. Untuk suplai barang-barangnya, Columbia bekerja sama dengan beberapa pabrik yang menyediakan barang impor ataupun buatan lokal. Salah satu yang sulit adalah menyakinkan mitra bisnisnya khususnya saat merintis bisnis tersebut.

Mitra bisnisnya memang tidak sedikit yang meliputi distributor alat rumah tangga, bank, dan pembeli. Bahkan, Leo harus menyakinkan diri sendiri bahwa bisnis yang ia tekuni ini memang akan menguntungkan dirinya dan mitra bisnisnya. Leo mengatakan bahwa banyak orang yang mengatakan dirinya gila saat mulai merintis PT. Columbia.

Cerita perjuangan Leo Chandra berlanjut di tahun 2002 saat ia mengakusisi PT. Sunprima Nusantara Pembiayaan atau SNP. Akusisi ini dilakukan untuk menyokong pembiayaan secara kredit. Hingga sekarang perusahaan pembiayaan ini sudah memiliki 72 cabang. Konsumen perusahaan ini tidak jauh-jauh, yaitu konsumen Columbia sendiri.

Jiwa berdagang Leo memang mendarah daging dari buyutnya yang seorang pedagang rempah-rempah asal Tionghoa. Leo Chandra sendiri merupakan generasi keempat keluarganya di Indonesia. Bisnis baran elektronik yang menjadi cikal bakal Columbia berawal dari tahun 1930. Kala itu, kakek Leo memulai bisnis peralatan elektronik seperti lampu hingga alat musik.

Kemudian, bisnis tersebut diteruskan oleh ayah Leo dengan membuka toko kelontong di daerah Sumatra Utara tepatnya di Binjai pada tahun 1940. Saat itu, Leo sudah mulai membantu ayahnya berjualan aneka kebutuhan. Mereka menghabiskan waktu selama 15 tahun di Binjai sebelum akhirnya hijrah ke Medan. Ayah Leo tetap membuka toko kelontong di Medan.

Bisnis keluarga ini sempat terhenti akibat peristiwa pemberontakan G30S PKI di tahun 1965. Toko Wan-Y yang saat itu sudah mulai berkembang justru harus terpuruk karena dirampok dan dibakar. Bahkan, Leo harus putus kuliah di fakultas ekonomi Universitas Trisakti, Jakarta. Leo akhirnya kembali ke Medan dan justru bisnis toko elektronik milik pamannya menginspirasi dirinya untuk membuka bisnis yang serupa.

Ia kembali ke Jakarta dan mendirikan PT. Columbia pada tanggal 28 Februari 1982. Awalnya, ia hanya menjual barang elektronik secara kredit. Ia melihat bahwa barang elektronik masih merupakan barang mewah. Pembelian secara kredit menjadi solusi bagi mereka untuk memiliki barang mewah tersebut.

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,