Teropong Bisnis | Homepage
Kisah Warung Ayam Bakar Tersukses di Indonesia

Kisah Warung Ayam Bakar Tersukses di Indonesia

0 Comments 🕔26.Nov 2013

Nama Ayam Bakar Wong Solo tentunya sudah tidak asing ditelinga Anda. Orang dibalik kesuksesan usaha kuliner ini adalah Puspo Wardoyo.

Puspo Wardoyo sendiri sudah terbiasa dengan ayam, karena sejak kecil, dia membantu ayahnya yang penjaja ayam. Tetapi, awal mula Puspo tertarik untuk merintis usaha adalah karena inspirasi temannya  yang sukses di Medan menjadi pedagang bakso. Sebelumnya, Puspo sudah membuka warung lesehan. Dan karena tertarik dengan pencapaian temannya itu, dia menjual usaha warung lesehan untuk menjadi modal untuk pergi ke Medan.

Tetapi, uang hasil penjualan warung lesehannya hanya cukup untuk merantau ke Jakarta. Saat di Jakarta, Puspo menemukan lowongan sebagai guru di perguruan DR Wahidin di Bagan Siapiapi, Sumatera Utara. Hal ini membangkitkan minatnya untuk sukses di Medan. Lalu dia berusaha mendapatkan pekerjaan ini dan ternyata dari pekerjaan ini, Puspo bertemu dengan Rini Purwanti istri pertamanya.

Setelah 2 tahun menjadi guru, dia berhasil mengumpulkan uang Rp. 2,4 juta, yang dia gunakan untuk menyewa rumah,membeli motor dan sisanya Rp. 700 ribu dia gunakan untuk modal usaha warung kaki lima di bilangan Polonia Medan. Dia menyewa lahan 4×4 meter persegi dengan harga Rp. 1.000 per hari.

Titik balik usaha Puspo ini berawal saat salah satu pegawainya mendapatkan masalah. Dia lalu meminjamkan uang. Dan sebagai balas budi, pegawainya ini membawa wartawan harian lokal Medan. Wartawan ini lalu menulis artikel berjudul Sarjana Buka Ayam Bakar Wong Solo.

Dari tulisan ini, usahanya bertambah terkenal di Medan seperti impiannya. Bahkan selanjutnya, usahanya ini masuk ke bisnis kuliner nasional.

Saat ini, usahanya ini bahkan semakin kuat dan berhasil menaklukkan Jakarta. Banyak pejabat pemerintah juga mengagumi perkembangan usaha Puspo ini. Memang, usahanya ini belum sampai pada tingkat usaha besar beromzet triliunan Rupiah per tahun. Tetapi, usaha Puspo ini sangat kuat dan bebas utang yang membuatnya mempunyai prospek cerah di masa mendatang.

Pada awal merintis usaha, Puspo sempat nyaris menyerah karena tidak berhasil mencapai target penjualan. Tahun pertama dia hanya mampu menjual 3 ekor ayam per hari, tahun kedua menjadi 10 ekor per hari dan sekarang, setelah 13 tahun Puspo sudah mempunyai 16 cabang di kota-kota besar.

Salah satu hal unik yang dilakukan oleh Puspo adalah menyisihkan 10% untuk amal. Karyawannya juga sering mengadakan kultum saat usai jam kerja.

Promosi dilakukan dari  mulut ke mulut seperti saat warungnya ditulis di artikel sebuah koran. Selain itu, jiwa seni Puspo juga menjadi salah satu penarik konsumen. Dia bahkan rela menyewa arsitek untuk mewujudkan warung yang sesuai dengan imajinasinya.

Selain itu, Puspo juga berusaha dekat dengan pelanggan. Salah satu caranya adalah dengan menghafal nama-nama pelanggannya.

Saat ini, Puspo Wardoyo juga membuka kesempatan kemitraan untuk orang yang tertarik. Untuk mitra usahanya, Puspo membuat standarisasi, baik dari rasa maupun desain gerai rumah makannya.

Berkat kesuksesan Ayam Bakar Wong Solo, Puspo Wardoyo juga pernah mendapatkan penghargaan Enterprise-50 sebagai Waralaba Lokal Terbaik dari Pesiden RI, Megawati Soekarnoputri

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *