Teropong Bisnis | Homepage
Kisah Sukses Pengusaha Pengolahan Ikan Asal Aceh, Fauziah

Kisah Sukses Pengusaha Pengolahan Ikan Asal Aceh, Fauziah

0 Comments 🕔17.May 2014

Bencana Tsunami di Aceh pada 26 Desember 2004 memang tidak akan pernah dilupakan oleh bangsa Indonesia, terlebih bagi para korban. Fauziah merupakan salah satu korban bencana tsunami Aceh. Ia menuturkan betapa mengerikannya bencana gelombang tsunami yang menerjang tempat tinggalnya itu. Namun dibalik kejadian tersebut, terdapat pelajaran berharga tentang arti kehidupan dan perjuangan.

Trauma dan duka akibat terjangan gelombang tsunami memang masih ia rasakan, bahkan hingga saat ini. Dalam bencana tersebut, ia harus kehilangan suami dan harta bendanya. Kondisi ini membuatnya benar-benar terpuruk, semua jerih payahnya selama ini hilang tersapu gelombang. Namun ia berhasil bangkit dari keterpurukan dan akhirnya sukses menjadi pengusaha pengolahan ikan.

Sebelum sukses berbisnis ikan, ia mengaku aktif mengikuti berbagai pelatihan yang diselenggarakan oleh sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Selama di pengungsian, ia terus berpikir apa yang harus ia lakukan untuk menghasilkan uang. Pada saat itu juga, ia langsung berkomitmen untuk melakukan apapun demi melanjutkan hidupnya dan anak-anaknya.

Hanya dengan bermodalkan uang Rp 500.000, Fauziah memulai bisnis pengolahan ikan kayunya. Berbekal pengalaman yang ia peroleh dari berbagai pelatihan industry rumahan, ia memulai bisnis ikan kayu dari nol. Pada saat itu, ia berpikir bahwa usaha ini tampaknya akan sangat cocok untuknya. Karena tempat tinggalnya yang dekat dengan laut, ia bisa mendapatkan ikan kayu dengan harga yang murah.

Ikan kayu mungkin masih terdengar asing untuk beberapa orang. Namun di Aceh ikan ini merupakan salah satu makanan khas Aceh. Berbeda dengan tradisi masyarakat yang umumnya memasarkan hasil pengelolaan ikan kayu dalam bentuk batangan, pengelolaan ikan kayu yang dijalankan oleh Fauziah ini diproduksi dalam bentuk kemasan. Ini membuat bisnisnya tampak unik dan berbeda dari bisnis-bisnis serupa.

Menurut pernyataannya, sebenarnya ada banyak pengusaha pengolahan ikan. Ikan kayu juga sudah ada sejak dulu. Namun ia berpikir bagaimana jika ikan ini dipasarkan dalam bentuk yang lebih kecil. Karena itulah ia mengiris ikan ini menjadi kecil-kecil dan memasarkannya dalam bentuk kemasan.

Semua itu ia lakukan karena ia menyadari bahwa umumnya masyarakat menginginkan sesuatu yang praktis. Ternyata strateginya ini berhasil dan kini ia telah berhasil mengembangkan usahanya hingga memiliki 10 tenaga kerja. Sebagai rasa syukurnya, ia melabeli produknya dengan label ikan kayu cap kapal tsunami. Produk berlabel ikan kayu cap kapal tsunami inipun ternyata disambut baik oleh pasar bahkan menjadi salah satu oleh-oleh khas Banda Aceh.

Peminat produk ikan kayu ini ternyata tidak hanya berasal dari wisatawan lokal saja. Wisatawan mancanegara juga banyak yang tertarik dengan produk tersebut. Hingga saat ini, Fauziah telah berhasil meraup omzet antara Rp 15 juta hingga Rp 20 juta per bulannya. Berkat kerja keras yang ia lakukan, pengusaha pengolahan ikan beranak lima inipun berhasil menyekolahkan kelima anaknya hingga ke jenjang perguruan tinggi.

Sumber:http://www.ciputraentrepreneurship.com/domestic-womenpreneur/tsunami-picu-fauziah-berbisnis-ikan

ikan asal aceh, insipirasi, usaha sukses, budidaya ikan, wirausaha

BACA JUGA:

Merry Riana, 9 Miliar Di Genggaman Saat Berusia 26 Tahun

Skin Junkies, Bukti Sukses Dapat Diraih Di Usia Muda

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *