Teropong Bisnis | Homepage
Kisah Sukses Pendiri PT Gudang Garam Tbk

Kisah Sukses Pendiri PT Gudang Garam Tbk

0 Comments 🕔06.Jan 2014

Siapa yang tidak mengenal nama Gudang Garam? Sebagai produsen rokok, Gudang Garam merupakan produsen yang paling sukses di Indonesia. Bersama rival beratnya PT. HM. Sampoerna, perusahaan rokok tersebut terus mengokohkan dominasinya untuk melawan produk-produk asing. Lalu, apakah Anda tahu siapa pendiri Gudang Garam?

Pendiri perusahaan ini adalah Surya Wonowijoyo yang juga sekaligus pemilik awalnya. Perusahaan ini sendiri bisa dikatakan sebagai pelopor modernisasi industri rokok di Indonesia. Bahkan, saat ini industri rokok sangat berperan dalam perekonomian makro. Sebagai contohnya, perusahaan rokok merupakan perusahaan yang mampu menyerap tenaga kerja paling besar.

Selain itu, produsen rokok juga turut serta menyumbang pendapatan negara melalui pita cukai. Bisnis yang dirintis oleh Surya Wonowijoyo ini kini sudah menjadi salah satu saham blue chip dan diperdagangkan di Bursa Efek Jakarta. Saat pertama kali datang ke Indonesia, Surya dan keluarganya bermukim di Sampang, pulau Madura.

Sebelum mendirikan pabrik rokoknya sendiri, rupanya Surya pernah bekerja di pabrik rokok 1/93” yang masih milik keluarganya. Setelah itu, ia memutuskan untuk keluar dari pabrik milik pamannya tersebut. Uniknya, keluarnya Surya diikuti oleh 50 buruh pabrik lainnya. Akhirnya, di usianya yang ke 35 tahun, Surya Wonowijoyo mendirikan pabrik rokoknya sendiri dengan brand Gudang Garam.

gudang garam, perusahaan besar, Surya Wonowijoyo, pengusaha

Pabrik pertamanya berlokasi di Kediri, Jawa Timur. Menurutnya, nama Gudang Garam sendiri ia dapatkan dari sebuah mimpi. Tepatnya, pabrik ini berdiri tahun 1958 dan berkembang sangat pesat. Buktinya, pabrik ini mampu menggaet hingga 500.000 karyawan dan menghasilkan 50.000.000 batang kretek per bulan.

Bahkan, hanya dalam kurun waktu 8 tahun atau di tahun 1966 pabrik rokok kretek ini sudah menjadi pabrik terbesar di Indonesia. Walaupun begitu, bisnis ini ia rintis dengan susah payah. Saat itu, ia tidak memiliki modal yang cukup. Namun berkat kerja keras dan keuletan, ia akhirnya bisa membesarkan bisnis ini.

Surya Wonowijoyo dinilai sebagai salah satu pengusaha keturunan Cina yang sukses di Indonesia. Menariknya, ia tidak mendapatkan bantuan apapun dan dari siapapun termasuk dari pemerintah Indonesia. Sebaliknya, bisnis yang ia rintis ini menjadi penyumbang pendapatan cukai terbesar bagi Indonesia.

Sayangnya, Surya harus tutup usia pada tahun 1985. Sepeninggal dirinya, pabrik rokok kretek ini masih tetap berjalan dengan kuat dan justru makin berkembang. Contohnya, pada tahun 2001 saja, Gudang Garam sudah memiliki 6 unit pabrik. 6 unit pabrik tersebut dibangun di atas lahan sekitar 100 hektar.

Dari pabrik tersebut, Gudang Garam berhasil menyerap tenaga kerja sebanyak 40.000 sebagai buruh dan 3.000 sebagai karyawan tetap. Cukai rokok yang sudah masuk saja mencapai angka Rp. 100 miliar per tahunnya. Keuletan dan kegigihan Surya Wonowijoyo untuk membangun bisnisnya layak untuk ditiru oleh pengusaha Indonesia khususnya pengusaha pemula.

 gudang garam, perusahaan besar, Surya Wonowijoyo, pengusaha

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *