Teropong Bisnis | Homepage
Kisah Sukses Bakso Ikan, Saefudin dan Redy

Kisah Sukses Bakso Ikan, Saefudin dan Redy

0 Comments 🕔21.Apr 2014

Seringkali, saat kita bekerja di sebuah perusahaan, ada keinginan untuk membangun karir yang lebih baik. Cara untuk mewujudkan hal tersebut adalah memulai perusahaan sendiri. Hal ini juga terjadi pada Saefudin dan Redy Ardiansyah, dengan bisnis bakso ikan mereka.

Saefudin dan Redy akhirnya memutuskan untuk berhenti bekerja. Dengan modal Rp. 15 juta dari kantong masing-masing, mereka memulai bisnis perdagangan ikan pada 2006. Bisnis ini dipilih karena mereka adalah lulusan Sekolah Tinggi Ilmu Perikanan. Jadi, mereka sudah akrab dengan hal ini.

Sayangnya, bisnis ini hanya bertahan sekitar 2 tahun. Mereka tidak mampu berkembang dan bahkan sering menjual ikan tanpa mendapatkan keuntungan. Akhirnya, mereka menutup gudang mereka di Muara Baru.

Dari kegagalan ini, menyerah tidak ada didalam kamus Saefudin dan Redy. Mereka menjadikan kegagalan ini sebagai pelajaran untuk bisnis mereka di masa mendatang. Satu hal yang mereka dapat dari kegagalan ini adalah mereka harus mampu menciptakan pasaran bisnis untuk berhasil.

bakso ikan, bakso sakana, ide bisnis, cilok ikan, sakana indo prima

Setelah kegagalan ini, Saefudin dan Redy akhirnya memutuskan untuk memulai usaha baru, yaitu bakso ikan. Sebenarnya, produk ini sudah mereka jual saat mereka menjalankan bisnis mereka yang pertama.

Untuk menarik konsumen, ada beberapa konsep menarik yang ditawarkan Saefudin dan Redy. Salah satunya adalah ukuran. Mereka memilih menggunakan ukuran kecil agar mudah dikonsumsi, layaknya cilok. Dengan demikian, konsumen akan terus berusaha membeli lagi dari mereka.

Selanjutnya adalah menonjolkan unsur kesehatan produk. Saefudin dan Redy menggunakan ikan tuna yang aman dan sehat untuk bakso ikan mereka. Selain itu, mereka juga mendapatkan sertifikat halal.

Yang terakhir adalah penjaminan mutu produk. Mereka menggunakan metode traceability. Dengan tiga hal ini, mereka berhasil membuat produk mereka menarik. Selain itu, mereka juga dapat mendidik masyarakat mengenai makanan berkualitas dengan harga terjangkau.

Saefudin dan Redy juga banyak mengikuti pameran dan promosi. Hasilnya, mereka berhasil bekerjasama dengan distributor dan banyak agen. Dan, pada 2009, mereka mendirikan pabrik sendiri untuk memproduksi produk ini.

Perjuangan mereka sangat keras untuk menjalankan pabrik dan bisnis ini. Tetapi, akhirnya mereka berhasil. Usaha mereka terbebas dari utang dan pasar dan produksi semakin stabil.

Produk yang mereka beri nama Sakana Indo Prima berhasil masuk dalam ritel modern. Pabrik mereka pun bertambah besar. Kini, dari ukuran 250 m2 diperluas menjadi 1.200-an m2, dengan karyawan 100 orang. Pabrik ini dapat memproduksi 4 ton bahan baku setiap harinya.

Saefudin dan Redy tidak hanya berhenti pada bakso ikan. Mereka juga memproduksi produk olahan ikan lainnya, seperti nugget, siomai dan lainnya.

Saat ini, Saefudin dan Redy berencana untuk membidik pasar tradisional. Hal ini dikarenakan, pasar ini sangat besar. Dan, mereka juga ingin mendirikan dua pabrik baru di Sumatera.

 bakso ikan, bakso sakana, ide bisnis, cilok ikan, sakana indo prima
BACA JUGA:

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *