Teropong Bisnis | Homepage
Kisah Sang Ratu Lidah Buaya

Kisah Sang Ratu Lidah Buaya

0 Comments 🕔14.May 2014

Untuk memulai sebuah usaha, tidak hanya diperlukan modal. Akan tetapi, diperlukan juga keberanian dalam mengambil keputusan. Salah satu contoh nyatanya adalah Tanti Guntari (41) yang sukses dengan bisnis olahan lidah buaya. Dia berani keluar dari pekerjaannya pada 2002 dan mencoba bisnis ini.

Berawal dari pelatihan teknologi budidaya tepat guna dari Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Depok, Jawa Barat, dan Universitas Indonesia. Tanti mendapatkan ilmu pengetahuan mengenai pengolahan lidah buaya jenis Chinensis.

Tanti memilih Chinensis karena sangat mudah dibudidayakan. Hanya dalam waktu 3-4 bulan, lidah buaya jenis ini sudah dapat berkembang sangat banyak.

Produk pertama yang Tanti buat adalah es mambo. Menggunakan 10 kilogram pelepah lidah buaya, dia membuat es ini dan dijual dengan harga Rp. 1.000. Produknya ternyata laku keras.

lidah buaya, usaha sampingan, ukm, usaha rumahan, olahan lidah buaya

Tanti lalu mencoba mengembangkan produknya dengan mencoba membuat minuman nata aloe vera dan berhasil. Dia memberi nama minumannya ini dengan nama Olavera. Tanti tidak menambahkan pengawet atau zat kimia lainnya, karena selain sehat, minumannya ini dapat bertahan selama satu tahun.

Akan tetapi, Tanti bukannya tidak menemui hambatan. Dia mengaku harus berhati-hati saat mengolah lidah buaya. Bila tidak, daging lidah buaya akan berubah warna bahkan mencair.

Dari menjual berbagai produk lidah buaya ini, Tanti akhirnya berhasil mempunyai kebun lidah buaya seluas 2.000 meter persegi. Dari kebunnya ini, dia mendapatkan pasokan lidah buaya yang cukup untuk produksinya setiap bulan.

Tanti juga mengubah kemasan yang dia gunakan untuk minuman Olavera. Awalnya, dia menggunakan kemasan gelas plastic, Tetapi, dia menemukan bahwa kemasan ini tidak cukup baik melindungi produknya. Lalu, dia menggantinya dengan botol kaca yang lebih sehat dan tahan lama.

Tidak berhenti sampai disini. Tanti, juga membuat beberapa produk inovatif, seperti kerupuk lidah buaya, teh lidah buaya, kue bolo lidah buaya dan lainnya.

Selain itu, Tanti juga mengajak ibu-ibu di Depok untuk ikut membudidayakan tanaman ini. Kelompok yang dia bentuk bernama Bina Avera yang beranggota 22 orang wanita. Hal ini pula yang mendorong banyak ibu-ibu di sekitar tempat tinggalnya ikut membudidayakan lidah buaya. Tanti mengatakan bila dia siap untuk membeli hasil budidaya mereka.

Apa yang dilakukan Tanti dengan Bina Avera, bukan hanya sekedar untuk kepentingan bisnisnya. Dia ingin agar banyak orang tahu, bila budidaya lidah buaya mudah dilakukan. Artinya, ada kesempatan meraup keuntungan dari pekarangan belakang Anda. Hal ini sangat wajar karena lidah buaya yang mudah dikembangkan ini dapat dijual dengan harga Rp. 7.500 per kilogram.

Kini, usaha Tanti sudah sangat berkembang. Dia mampu mengolah 800 kilogram lidah buaya dengan dibantu 4 orang karyawan. Daerah pemasarannya pun meluas, hingga ke hypermarket, pesantren dan tempat lainnya di Jabodetabek. Selain itu, Tanti juga membuka kebunnya untuk siapa saja, termasuk anak-anak yang ingin belajar mengenai lidah buaya dan pengolahannya.

lidah buaya, usaha sampingan, ukm, usaha rumahan, olahan lidah buaya

BACA JUGA:

3 Rahasia Menjadi Miliarder Wanita Kelas Dunia

Skin Junkies, Bukti Sukses Dapat Diraih Di Usia Muda

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *