Teropong Bisnis | Homepage
Kisah Raja Migas, Kris Taenar Wiluan

Kisah Raja Migas, Kris Taenar Wiluan

🕔09.Nov 2013

Kris Taenar Wiluan adalah pemilik Citramas Group yang berpusat di Batam, Kepulauan Riau dan KS Energy yang berpusat di Singapura, juga peraih Indonesia Ernst & Young Entrepreneur of The Year 2009, serta sarjana komputer terapan, Universitas London. Senada dengan penghargaan yang diterimanya, dia juga mempunyai bisnis sukses di bidang migas, wisata, perfilman dan perminyakan.

Meskipun nyaris bangkrut 3 kali, dia tidak menyerah dan bahkan berhasil masuk dalam daftar 40 orang terkaya Indonesia pada 2007-2009.

Citramas Group yang dimilikinya memproduksi pipa dan peralatan pengeboran migas yang diekspor ke banyak negara. Dan KS Energy menjadi pendukung industri migasi di Asia, Timur Tengah, Eropa, Afrika dan Laut Utara.

Kris Taenar Wiluan juga mengendalikan Citra Bonang yang bergerak di bidang bumbu masak sampai distribusi suku cadang otomotif dan minyak pelumas.

Kris mengatakan bahwa dia fokus ke ekspor karena cara ini dapat membuktikan kualitas produk Indonesia. Selain itu, dia sudah lelah menghadapi broker-broker produk impor yang meremehkan produk dalam negeri buatannya.

Akhirnya, tahun 1990 dia memutuskan untuk ekspor, dengan anak usaha Citramas, Citra Turbindo yang memproduksi pipa pengeboran migas. Tujuannya, dia ingin mempunyai reputasi baik di luar negeri, sehingga lebih mudah diterima didalam negeri.

Produk yang diproduksi Citramas dan KS Energy ternyata juga diterima oleh banyak perusahaan besar, seperti ExxonMobile, Total, Chevron, BP, Shell, Premier Oil, Aramco dan banyak lagi. Bahkan tahun 2007 Citra Turbindo dianugrahi penghargaan sebagai pemasok terbaik dan mendapat akreditasi sebagai pemasok ExxonMobile di seluruh dunia.

Dulu, perusahaan-perusahaan tersebut ragu untuk menggunakan jasa perusahaan Kris Taenar Wiluan. Contohnya, pada tahun 1987, ketika Citra Turbindo memenangkan tender untuk produksi casing LNG Arun, Exxon ragu-ragu karena menganggap Citra Turbindo tidak mempunyai teknologi untuk produk ini.

Kris dipanggil ke Sekretarian Negara karena hal ini dan diberikan bantuan. Dan, dia mau menerimanya dan akhirnya berhasil.

Banyak perusahaan yang tidak percaya ini juga yang menyebabkan Kris nyaris bangkrut 3 kali. Tetapi, sekarang berbeda. Selain penghargaan tahun 2007, ExxonMobile juga  mempercayai perusahaan Kris untuk membuat rig tipe advance di Lapangan Banyu Urip.

Kris menggunakan tenaga orang Indonesia dan mampu menyelesaikan pekerjaan ini hanya dalam 5 hari dengan target sebelumnya 10 hari. Banyak pejabat Pertamina juga mengagumi rig buatannya ini.

Kris Taenar Wiluan mengaku tidak mendapatkan fasilitas khusus. Dia mengatakan untuk memenangkan tender harus didasari karena kemampuan, bukan relasi.

Memang, pada awalnya ada kebijakan pemerintah yang mengutamakan perusahaan dalam negeri untuk industri migas. Perusahaannya dan perusahaan lainnya juga memanfaatkan hal ini.

Dan ternyata, banyak negara yang meniru kebijakan pemerintah Indonesia ini. Malaysia dan Vietnam merupakan negara pertama yang membuat kebijakan serupa, dan sekarang ini Amerika Serikat juga membuat kebijakan yang sama.

Kris Taenar Wiluan mempunyai impian bahwa Indonesia dapat melakukan pengeboran migas yang lebih efisien. Saat ini, produksi Indonesia kurang dari 900.000 barel, jauh dari beberapa tahun yang lalu yang mencapai 1,6 juta barel.

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,