Teropong Bisnis | Homepage
Kisah Avon, Dari Penjual Buku Keliling Menjadi Perusahaan Paling Sukses

Kisah Avon, Dari Penjual Buku Keliling Menjadi Perusahaan Paling Sukses

0 Comments 🕔06.Jul 2014

Apakah Anda mengenal Avon? Avon saat ini dapat dikatakan sebagai salah satu produk kosmetik paling populer. Tetapi, tahukah Anda, bila sang pendiri salah satu bisnis kosmetik terbesar di dunia ini, David H. McConnell mengawalinya dari menjual buku?

Tahun 1886, McConnell bekerja di sebuah perushaaan katalog dan menjual produk-produk katalog dari rumah ke rumah. Tetapi, selama dia melakukan pekerjaannya ini, dia menemukan bahwa sebagian besar pelanggannya lebih menyukai sampel parfum yang dia berikan daripada membeli buku katalog. Selain itu, pelanggannya juga menyukai gambar parfum yang ada di bukunya.

Berbekal dari pengalaman ini, McConnell akhirnya membuka usaha parfum bernama California Perfume Company. Dia sudah mempunyai jaringan dari pengalamannya menjual buku sebelumnya.

Cikal bakal kesuksesan McConnell datang dari konsep unik bisnisnya. Pada saat itu, banyak wanita yang dia jumpai saat memasarkan buku tidak mempunyai pekerjaan. Mereka hanya menunggu suami mereka pulang di rumah.

Selain itu, lapangan pekerjaan yang tersedia untuk wanita kala itu juga sangat terbatas. Sehingga, wanita tidak bekerja merupakan hal yang wajar. Usaha parfum McConnell ini mencoba memberikan pada wanita ini pekerjaan.

McConnell mengadakan pelatihan untuk para wanita sehingga mampu memasarkan produk buatannya. P. F. E Albee merupakan wanita pertama yang berhasil. Dia menjadi salah satu wanita yang berhasil membantu McConnell  mengembangkan dan meningkatkan pemasaran produk parfumnya.

Albee juga menjadi panutan pegawai wanita lainnya yang bekerja dengan McConnell. Bahkan, dia juga menjadi contoh untuk para pegawaiAvon saat ini.

Saat pertama beroperasi, California Perfume Company hanya menjual 5 jenis perfum. Kala itu, kemasan yang digunakan untuk produk parfum ini juga sangat sederhana.

Pintu kesuksesan benar-benar terbuka, saat McConnell mengganti nama perusahaannya. Berawal dari kunjungannya ke Inggris, ke sebuah desa bernama Avon. McConnell benar-benar terpesona dengan keindahan desa ini.

Dari kunjungannya tersebut, McConnell terinspirasi untuk memproduksi produk kecantikan wanita lainnya selain parfum. Dia lalu membuat lipstik, bedak, bahkan pasta gigi untuk wanita. Dan, pada tahun 1939, McConnell resmi mengganti nama perusahaannya menjadi Avon Product Inc.

Avon semakin berkibar di dunia bisnis, setelah membuat iklan televisi pertamanya pada tahun 1954. Dan, Avon melakukan ekspansi perusahaan ke Eropa. Langkah ini mendukung perkembangan perusahaan ini di masa depan.

Kini, Avon menjadi salah satu perusahaan tersukses di dunia. Avon tidak hanya memproduksi produk kecantikan wanita, namun, produk fashion dan perlengkapan rumah tangga juga diproduksinya. Avon juga mempunyai cabang di 10 negara di dunia. Dengan jumlah penjual lebih dari 6 juta penjual, yang membuat Avon menjadi salah satu produk paling laris saat ini.

Satu hal yang dapat kita pelajari dari McConnell adalah keberanian dia untuk mencoba bisnis ini. Selain itu, dia juga tidak takut untuk berinovasi yang menjadikannya sukses.

avon, sosok inspirasi, pengusaha sukses, wirausaha

BACA JUGA:

Kisah Naya dan Astri, Kisah Cinta Berbuah Bisnis Sukses

Bisnis Kue Kering Jadi, Penghasil Ratusan Juta Per Bulan

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *