Teropong Bisnis | Homepage
Keuletan Usaha Kuliner Berbasis Syariah yang Berbuah Manis

Keuletan Usaha Kuliner Berbasis Syariah yang Berbuah Manis

0 Comments 🕔19.Sep 2013

Bagi Anda yang mempunyai keinginan untuk berbisnis kuliner atau makanan, mungkin ada baiknya Anda mencontoh perjalanan usaha Bapak Teuku Chaidil. Dengan bermodalkan kesabaran dan keuletan, beliau bisa terus mempertahankan usaha kulinernya hingga sekarang, dari usaha yang kecil-kecilan sampai sekarang menjadi usaha yang cukup besar.

 

Teuku Chaidil berasal dari Aceh. Memang awalnya beliau mengawali karir menjadi karyawan di beberapa perusahaan sebelum kemudian akhirnya memutuskan untuk berwirausaha di bidang kuliner. Saat masih menjadi karyawan di CV Mirzen pada tahun  1993, beliau mulai berpikir untuk memulai usaha sampingan di bidang kuliner, setelah beliau melakukan perjalanan ke Medan. Disana, beliau melihat banyak pengusaha Burger yang cukup sukses. Sampai akhirnya beliau membuka usaha kuliner Burger di Banda Aceh yang kemudian menjadi pelopor Burger di Aceh. Usaha ini berjalan cukup sukses.

 

Tahun 1995 Pak Chaidil lalu pindah ke Lhokseumawe untuk urusan pekerjaan. Beliau terpaksa ikut memindahkan usahanya kesana bersama dengan semua karyawannya. Ini sama artinya dengan memulai kembali dari nol. Dapat ditebak, usaha ini kemudian ditutup karena tidak cukup berkembang disana.

 

Sempat menganggur dan pindah ke Jakarta untuk mencari pekerjaan, beliau akhirnya kembali ke Aceh karena tidak mendapat hasil di Jakarta. Beliau pun memutuskan untuk kembali membuka usaha kulinernya, kali ini dengan cara yang sedikit berbeda, ini setelah beliau rajin membaca bacaan tentang marketing untuk usaha, dan menyadari betapa pentingnya marketing untuk suatu produk. Dengan sedikit perubahan ini, usaha burgernya pun bisa menjadi sangat sukses dan berkembang sangat pesat.

 

Di tengah kesuksesan usahanya, Pak Chaidil masih menyempatkan diri untuk terus memperdalam ilmu agamanya.  Sampai akhirnya pada satu waktu beliau merasa dari ilmu agama yang beliau pelajari, ada banyak hal yang berkaitan dengan wirausahanya yang harus beliau ubah sesuai dengan tuntunan agama yang beliau yakini. Beberapa perubahan dilakukan, yang juga ikut mengubah pemasukan dan omzet usahanya turun drastis. Tapi beliau tetap percaya, beliau sudah berada pada jalan yang benar, yakni menjalankan usaha dengan berbasis syariah.

 

Jatuh bangun pun dirasakan oleh Pak Chaidil. Mulai dari bencana gempa dan tsunami yang terjadi di Aceh, sampai memutuskan kembali pindah ke Jakarta untuk membuka usaha disana tapi hasilnya nihil dan beliau bangkrut. Tanpa hasil apapun, beliau pun kembali ke Aceh. Sampai satu hari beliau mendapat ide untuk menjual bubur khas Aceh, setelah sang istri memasak bubur dan rasanya sangat enak. Dari sini kemudian Pak Chaidil kembali meraup untung dan sangat sukses dalam berbisnis kuliner. Aneka menu bubur pun jadi andalan dan cukup tersohor, salah satunya adalah Bubur Jagung, atau lebih dikenal dengan nama Aceh Jezz Bubur (AJB).  Dari sini, usaha berkembang sangat pesat sehingga banyak yang ingin berbisnis waralaba dari usaha buburnya ini. Cabangnya pun dimana-mana. Sungguh luar biasa, ini adalah buah dari kesabaran dan keuletan Pak Chaidil untuk bisa sukses dalam usahanya dan tetap berpegang teguh pada aturan syariah.

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *