Teropong Bisnis | Homepage
Kesuksesan Pengusaha yang Tak Lulus SD

Kesuksesan Pengusaha yang Tak Lulus SD

0 Comments 🕔16.Apr 2013

Pendidikan tinggi adalah aset untuk meraih sukses, tetapi tidak akan berguna bila ditunjang oleh semangat dan etos kerja tinggi untuk mengubah nasib. Kadangkala kesuksesan justru muncul dari semangat tersebut meski orang yang meraihnya justru belum pernah mencicipi perguruan tinggi entah karena masalah ekonomi atau karena alasan lain.

Ijazah Bukan Segalanya

Ada stigma yang salah bahwa untuk bisa kaya dan sukses titel pendidikan yang tinggi mutlak diperlukan. Kenyataannya sebagian besar orang yang memiliki titel tersebut justru menggunakannya untuk mencari kerja bukan untuk menciptakan kerja. Ketika lowongan kerja semakin sempit, akhirnya kreatifitas dan etos kerja yang tinggilah yang menjadi penentu, bukan sekedar ijazah. Bahkan ada juga orang yang SD saja tidak lulus tapi kesuksesan jauh menggungguli mereka yang sudah menggaet ijazah perguruan tinggi.

Salah satu contoh keberhasilan putra bangsa yang memiliki kerajaan bisnis yang besar meski tanpa modal ijazah tinggi adalah Basrizal Koto atau Bako. Ia adalah contoh salah satu pengusaha Indonesia yang memulai usaha dari 0 dengan bermodalkan semangat mengubah nasib.

Perjalanan Hidup Basrizal Koto Hingga Meraih Sukses

Basrizal Koto atau Bako lahir dari keluarga yang miskin di Pariaman, Sumatera Barat pada 11 Oktober 1959. Pada masa kecilnya ayah Basko yang bernama Ali Absar terpaksa merantau ke Riau untung mencari penghidupan lebih baik sehingga ia di rumah tinggal hanya dengan sang ibu, Djaninar. Ketika kelas 5 SD Basko terpaksa putus sekolah, tetapi bukan berarti itu akhir segalanya. Basko memulai karir bisnisnya dengan bekerja serabutan.

Pada tahun 1972 Basko mengadu nasib ke Pekanbaru dengan menumpang bus secara gratis. Pekerjaan pertama yang digeluti adalah menjadi kernet oplet sampai tahun 1974. Meski ditawari untuk menjadi sopir dia menolak dan ingin menjalankan usaha yang lebih baik. Ia pun akhirnya membuka jahitan di Pekanbaru hingga tahun 1977. Merasa masih kurang, ia pun akhirnya kembali ke Pariaman dan pindah ke Padang untuk memulai usaha baru. Ia kembali menjadi penjahit di Simpang Haru, Padang namun sayang pada tahun 1979 terjadi kebakaran yang menghanguskan rumah yang disewanya dan akhirnya ia tinggal di sebuah gerbong sambil bekerja sebagai makelar mobil dan sepeda motor.

Pada tahun 1983 Basko kembali ke Pekanbaru dan membangun toko aksesoris kendaraan bermotor. Usahanya yang gigih untuk mengubah nasib ternyata tidak sia-sia. Dari toko aksesoris tersebut bendera bisnis Basko kian berkibar. Pada usia yang relatif muda, 26 tahum, Basko mendirikan perusahaannya yang pertama yaitu PT Cerya Zico Utama di Pekanbaru yang menjadi dealer mobil yang pertama di Riau. Usahanya pun semakin maju dan berkembang sehingga kemudian ia mendirikan Minang Plaza yang kemudian menjadi Basko Grand Mall dan Basko Hotel. Ia pun mendirikan juga perusahaan media yaitu Riau Mandiri Grup yang kemudian berganti nama menjadi Haluan Media Grup (HMG) yang menaungi empat buah media yaitu Radio Mandiri FM Pekanbaru, Haluan Padang, Haluan Kepri, dan Haluan Riau. Baca juga artikel “Kesuksesan Basrizal Koto”.

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *