Teropong Bisnis | Homepage
Jumlah Belanja Emas di Indonesia

Jumlah Belanja Emas di Indonesia

0 Comments 🕔24.May 2013

Emas memang menjadi primadona saat ini maupun waktu yang lalu. Harga emas yang selalu naik membuat banyak orang ingin menyimpannya. Selain itu, wanita selalu senang dengan berbagai perhiasan emas. Di Indonesia sendiri, emas menjadi komoditas yang paling digandrungi. Emas sendiri tidak hanya digandrungi dalam bentuk perhiasan namun juga sangat banyak digunakan sebagai sebuah investasi. Berapa sebenarnya besarnya belanja emas di Indonesia?

Survey Belanja Emas Indonesia

Menurut World Gold Council, Indonesia termasuk dalam negara yang mempunyai total belanja emas yang sangat tinggi. Lembaga ini mencatat bahwa dalam tiga bulan pertama pada tahun ini saja, masyarakat Indonesia telah berbelanja emas sebanyak 17 ton. Jumlah tersebut dibagi lagi menjadi emas yang berbentuk investasi dan juga emas yang berbentuk perhiasan. Emas dalam bentuk investasi dengan total 5,8 ton dan sisanya masyarakat Indonesia lebih suka berbelanja emas dalam bentuk perhiasan. Namun jumlah tersebut ternyata tidak setinggi hasil belanja emas yang terjadi pada tahun sebelumnya. Tahun ini belanja emas di Indonesia ternyata mengalami penurunan yang cukup banyak yakni sebesar 12,82 persen.

Pada tahun lalu, jumlah belanja emas di Indonesia sendiri mencapai 19,5 ton dengan pembagian, emas investasi 8,9 ton dan emas perhiasan 10,6 ton. Emas memang sangat cocok dijadikan investasi jangka panjang namun tidak untuk jangka pendek. Emas juga bisa digunakan sebagai perhiasan dengan berbagai bentuk yang unik. Namun emas dalam bentuk perhiasan biasanya nilainya cenderung menurun karena akan dipangkas biaya pemakaian dan juga desain emas saat dijual telah tidak mengikuti jaman sehingga harganya akan turun. Lain halnya jika Anda memilih emas untuk sebuah investasi.

Total Uang untuk Belanja Emas

Banyak yang menganggap Indonesia sebagai negara miskin namun Anda harus melihat terlebih dahulu survey ini karena banyak sekali orang Indonesia yang mampu membeli emas dalam jumlah besar dan menggunakannya bukan untuk perhiasan melainkan untuk sebuah investasi. Pada triwulan pertama di tahun ini saja, masyarakat Indonesia telah menggunakan lebih dari Rp 8,6 triliun untuk berbelanja emas. Angka yang sungguh fantastis namun masih lebih besar pengeluaran uang untuk berbelanja emas pada tahun sebelumnya yakni sebesar Rp 10 triliun.

Mengapa ada penurunan total belanja emas pada tahun ini? Banyak lembaga yang masih menyelidiki penurunan jumlah belanja emas ini dan banyak diprediksi bahwa penurunan belanja emas di Indonesia tahun ini disebabkan karena turunnya minat masyarakat Indonesia terhadap emas dan lebih banyak berpaling pada dunia properti. Selain faktor itu, belum bisa dipastikan lagi mengapa jumlah belanja emas di Indonesia saat ini cenderung menurun. Adanya ancaman komoditas lain yang lebih menarik atau menguntungkan mungkin bisa menjadi faktor lain mengapa total belanja emas di Indonesia saat ini menurun.

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *