Teropong Bisnis | Homepage
Jerami dan Anyaman: Komoditas Utama Ekspor di NTB

Jerami dan Anyaman: Komoditas Utama Ekspor di NTB

0 Comments 🕔06.May 2013

Nusa Tenggara Barat (NTB) merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki tingkatan kunjungan wisatawan mancangera dengan jumlah yang cukup tinggi. NTB sendiri tidak hanya terkenal dengan obyek wisatanya saja namun juga terkenal dengan hasil kerajinan anyaman yang dimilikinya, maka dari itu tidak heran jika banyak sekali pemesanan yang dilakukan oleh pihak luar untuk membeli anyaman tersebut.

Selama bulan Maret 2013 kemarin NTB dikabarkan tengah mengekspor hasil industri anyaman yang dimilikinya untuk pembeli dari Belgia senilai 16.123 US Dollar. Jumlah ini setara dengan 159,617 juta Rupiah. Tidak hanya di Belgia saja, namun Amerika Serikat juga turut ikut andil dalam ekspor ini. NTB mengekspor perabotan penerangan rumah ke Negara tersebut senilai 7800 US Dollar atau setara dengan 77,22 juta rupiah.

Pernak-Pernik Khas NTB yang diminati

Para wisatawan memang banyak yang berminat untuk membeli berbagai macam pernak-pernik atau anyaman yang ada di NTB ini. Beberapa yang disukai oleh wisatawan adalah mutiara dan juga permata. Sejak bulan sebelumnya yaitu Februari 2013, nilai ekspor dari material ini saja mencapai angka 48.308 US Dollar atau setara dengan 478,249 Juta Rupiah. Produk jerami dan anyaman sendiri memperoleh pendapatan sebanyak 26.429 US dollar atau setara dengan 261,647 juta rupiah.

Ada juga hasil kerajinan Lombok lainnya yang juga diminati oleh para wisatawan mancanegara ini, salah satunya adalah rumah berugak yang fungsinya tak lain adalah sebagai tempat untuk duduk-duduk di luar rumah. Ada juga gerabah yang berbentuk gentong, sendok Tamarind dan juga berbagai macam peralatan resort lainnya yang bisa diperoleh disini.

Perkembangan Ekspor NTB tahun ini

Kepala Badan Pusat Statistik yang ada di NTB, Soegarenda menyatakan bahwa perkembangan kerajinan yang ada di NTB saat ini sedang berkembang pesat karena produksi ini sendiri juga menyangkut hajat hidup orang banyak. Beliau juga mengemukakan hal tersebut usai membandingkan keseluruhan hasil ekspor yang melorot hanya menjadi 30.759 US dollar saja atau senilai 304,514 juta rupiah. Padahal jika ditambahkan dengan konsentrat dari hasil tambang pada saat itu, nilai ekspor NTB di bulan februari 2013 sanggup mencapai 36.167.080 US Dollar, yaitu sekitar 377,854 Milyar rupiah.

Ekpor tambang ini dihasilkan oleh PT Newmony Nusa Tenggara dari proyek batu hijau yang ada di daerah Sumbawa Barat. Selain mengekspor anyaman dan juga bahan mineral tersebut, NTB juga tidak ketinggalan mengekspor garam, belerang dan juga kapur dengan jumlah senilai 6.836 atau setara dengan 67,67 juta di Thailand dan Singapura. NTB juga mengeksport hasil bumi yang diminati oleh Negeri Jiran, yaitu ikan dan juga udang, kemudian getah dan juga damar. Perkembangan ekspor di Indonesia, terutama di NTB memang sedang mencapai puncaknya di tahun 2013 ini.

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *