Teropong Bisnis | Homepage
Inspirasi Usaha untuk Pengusaha Produk Tradisional Indonesia

Inspirasi Usaha untuk Pengusaha Produk Tradisional Indonesia

0 Comments 🕔14.Mar 2016

Jangan dikira bahwa mengembangkan usaha dengan basis produk tradisional tidak memiliki prospek ke depan. Jika Anda masih ragu, maka ada baiknya membaca artikel ini sebagai inspirasi usaha. Pasalnya, dari produk tradisional seperti batik saja, seorang pengusaha mampu menembus tidak hanya pasar nasional tetapi juga pasar internasional.

Sebenarnya, apa kunci dari kesuksesan usaha batik seperti itu? Hal pertama yang perlu Anda camkan adalah Anda tidak boleh berhenti belajar. Perlu Anda ketahui bahwa ada banyak sekali jenis batik di Indonesia dan tidak terbatas pada batik Jawa saja.

Dengan berbagai pola yang menarik, Anda bisa mengembangkan produk tradisional Indonesia ini menjadi sebuah produk yang mendunia. Sudah menemukan inspirasi usaha dari pernyataan di atas? Jika sudah, maka persiapkan diri Anda karena ada banyak tantangan yang akan Anda hadapi.

Misalnya, Anda harus memastikan bahwa batik yang Anda buat adalah batik yang berkualitas. Ada baiknya mengembangkan batik tulis ketimbang batik print. Batik tulis memiliki ciri khas sendiri apalagi dengan proses yang lebih rumit dibandingkan batik print.

Tidak heran jika harga batik tulis lebih mahal dibandingkan dengan batik print. Bayangkan saja, Anda berkesempatan menjual baju batik tulis mulai harga Rp. 350.000 hingga Rp. 5.000.000. Terus kembangkan kualitas produk batik Anda karena dengan kualitas tinggi, produk batik Anda bisa menembus pasar internasional.

Beberapa pengusaha produk batik sukses mengaku bisa memasarkan produk mereka tersebut di luar negeri seperti di Tokyo. Salah satu hal penting lainnya adalah promosi. Untuk meningkatkan inspirasi usaha Anda, maka Anda harus terus semangat berpromosi.

Untuk tahap awal, Anda bisa mencoba mengikuti berbagai pameran produk-produk industri Indonesia. Keluarkan produk terbaik Anda sehingga akan banyak orang yang semakin tahu produk Anda tersebut. Akan sangat baik jika Anda telah memiliki brand sendiri.

Sembari berpromosi melalui pameran, Anda juga bisa mencari celah untuk mengikuti pameran di luar negeri. Gunakan media sosial untuk mendongkrak penjualan serta popularitas produk batik Anda. Salah satu negara yang sangat tertarik dengan produk batik Indonesia adalah Jepang.

Saat produk Anda benar-benar berkualitas, maka pembeli Jepang akan memberikan kepercayaan penuh kepada Anda. Jangan pernah berhenti berinovasi. Cari dan pelajari tren terkini yang bisa Anda aplikasikan pada produk-produk berbahan batik milik Anda.

Pelajari berbagai jenis batik yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Dengan mengembangkan usaha seperti ini, Anda tidak hanya memberikan keuntungan bagi diri Anda sendiri tetapi juga keuntungan bagi pengrajin batik di Indonesia.

Tentu saja ini termasuk mengharumkan nama Indonesia di mata dunia dengan membawa produk-produk tradisional Indonesia. Semoga artikel ini memberi cukup inspirasi usaha bagi Anda sehingga Anda semakin yakin untuk memulai usaha berbasis produk tradisional Indonesia.

Inspirasi Usaha

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *