Teropong Bisnis | Homepage
Ignasius Jonan Pembawa Angin Segar PTKA

Ignasius Jonan Pembawa Angin Segar PTKA

0 Comments 🕔12.Jul 2014

Ignasius Jonan mungkin nama yang sangat berpengaruh pada PT Kereta Api Indonesia (PTKA) saat ini. Sebagai Direktur Utama, beliau berhasil memberikan perubahan pada PTKA. Kini, PTKA mempunyai wajah baru, sebagai sarana transportasi yang aman, nyaman dan berkelas. Dan, yang terpenting, sebelumnya, PTKA merugi hingga Rp. 80 miliar, tetapi berubah dan menghasilkan keuntungan hingga ratusan miliar.

Ada banyak perubahan yang dilakukan pria kelahiran Singapura, 21 Juni 1963 ini. Seperti larangan merokok didalam kereta api, larangan berdagang dan kebersihan kereta api dan stasiun. Namun, inovasi yang akan dijalankan beliau adalah penggantian gerbong kereta api.

Menurut Ignasius Jonan, banyak gerbong kereta saat ini mempunyai kondisi yang buruk dan tua. Bahkan, ada kereta yang sudah beroperasi sejak tahun 1965. Oleh karena itu, ada 1.600 yang akan diganti saat ini. Dengan rentang waktu 7 tahun, diharap proses ini dapat selesai.

Mengapa 7 tahun? Menurut Jonan, akan sangat berat bila melakukan penggantian gerbong ini dalam waktu 1 tahun. Jadi, setidaknya tahun 2019 hingga 2020, kereta api di Indonesia akan baru dan mempunyai kualitas yang lebih baik. Dan, proses ini akan terus dilakukan dan diulangi setiap 7 tahun sekali.

Selain penggantian gerbong, Jonan juga berencana untuk meningkatkan angkutan darat. Saat ini, bila dihitung dengan satuan TEUS atau satuan peti kemas, angkutan darat di Jawa mencapai 5.000 hingga 6.000 TEUS. Targetnya, tahun 2019 hingga 2020, angka ini dapat meningkat hingga 12.000 TEUS.

Bila target 12.000 TEUS ini tercapai, maka juga akan mempengaruhi angkutan produk tambang di Sumatera Selatan dan Lampung. Target Jonan pada tahun 2020 adalah meningkatkan volume angkutan dari 18 juta ton menjadi 45 juta hingga 50 juta ton.

Menurut Jonan, potensi industri transportasi kereta api sangatlah menjanjikan. Namun, diperlukan dukungan dari Pemerintah untuk mengembangkan industri ini. Dengan demikian, industri ini akan tersebar merata. Selama ini, Jawa dan Sumatera adalah daerah dimana transportasi ini berkembang, sedangkan daerah lain masih membutuhkan perhatian lebih.

Target utama industri ini adalah lebih maju dengan patokan negara di Eropa atau setidaknya China. Saat ini, Indonesia menjadi yang termaju dalam industri ini untuk kawasan ASEAN.

Ignasius Jonan mengungkapkan ada beberapa hal yang dapat dikatakan menjadi masalah selama memegang jabatan ini. Salah satunya adalah ketidaksepahaman dirinya dengan Pemerintah, khususnya mengenai subsidi atau PSO.

Menurut Jonan, pemberian subsidi atau PSO dengan standar minimal tidaklah cocok. Hal ini dikarenakan, untuk meningkatkan standar transportasi ini, Pemerintah perlu memberikan lebih.

Contohnya, tarif KRL Jabodetabek, rute Bogor-Jakarta Rp. 9.000 dengan rincian Rp. 5 dibayar penumpang dan Rp. 4.000 merupakan subsidi Pemerintah. Bila Pemerintah mau meningkatkanya, misalnya tarifnya Rp. 15.000 dengan rincian Rp. 5.000 dari penumpang dan Rp. 10.000 dari subsidi, maka kualitas transportasi ini akan membaik.

Untuk Lebaran, Ignasius Jonan mengungkapkan pegawai tidak boleh cuti. H1-10 hingga H2+10, pihaknya akan terus beroperasi. Kecuali ada masalah besar, seperti keluarga meninggal, pegawai boleh cuti.

ignasius jonan, pt kai, commuter line, direkture ptka

BACA JUGA:

Ternyata Karya Seni Bernilai Tinggi ini Terbuat dari Sampah

Pendapat Seorang Richard Branson tentang Entrepreneurship, Kapitalisme, dan Ketimpangan Ekonomi

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *