Teropong Bisnis | Homepage
Hobi Unik Orang Terkaya Ke-12 Di Indonesia

Hobi Unik Orang Terkaya Ke-12 Di Indonesia

0 Comments 🕔30.Jan 2014

Dinobatkan sebagai orang terkaya ke-12 di Indonesia oleh Forbes, Tahir tidak meninggalkan kebiasaan memberikan sumbangannya. Dia bergabung dalam klub Giving Peldge untuk hal ini.

Filosofi hidup pria 61 tahun ini cukup unik. Menurut Tahir, hidup bagaikan mendaki gunung. Dia terus mendaki, sampai Tuhan berkata berhenti. Hal ini pula yang membuatnya tidak patah semangat dan sukses seperti saat ini.

Kesuksesan ini tidak didapat dengan mudah. Saat muda, kehidupan Tahir sangat susah. Meskipun berhasil kuliah, dia terpaksa meninggalkannya karena ayahnya sakit.

Keluar dari kuliah dia mencoba berjualan barang. Dia dapatkan barang dari Singapura dan menjualnya kembali di Surabaya. Usaha ini dia lakoni selama 2-3 tahun.

Kesuksesannya dimulai pada tahun 1983-1987. Memang pada tahun ini, dealer yang dia buka menderita kebangkrutan, bahkan mencapai US$ 15 juta. Tetapi dari sini, dia berhasil bangkit, melunasi semua hutangnya dan sukses mengembangkan dealer Mayapada hingga seperti saat ini.

Kesuksesan dibisnis juga diimbangi dengan kesuksesan dikehidupannya. Tahir berhasil menikahi putri konglomerat Mochtar Riady bos Grup Lippo. Tetapi, bukan berarti dia memanfaatkan statusnya. Bahkan, Tahir tidak pernah menerima uang sepeser pun dan proyek bisnis dari konglomerat ini.

Kebiasaan menyumbang orang terkaya ke-12 ini sudah dilakukan sejak dulu. Dia merasa bahwa menyumbang adalah bagian dari hidupnya. Tidak ada untung ruginya.

tahir, mayapada, orang terkaya, bisnis, pengusaha

Tetapi, ada satu kisah yang menginspirasinya untuk hobi menyumbangnya ini. Dia pernah menolong dua orang anak penjual susu kacang, hingga berhasil masuk kuliah, lulus dan mendapatkan pekerjaan. Selama dia menolong, kedua anak ini tidak pernah meminta bantuan darinya. Hal ini yang menggugah hatinya.

Selain itu, hobi menyumbangnya ini juga memberikan pengalaman menarik untuk dirinya. Dia berhasil bertemu Bill Gates karena menyumbang sebesar US$ 100 juta.

Awalnya, ada orang dari Bill Gates Foundation yang datang kepadanya. Orang ini mengatakan bahwa pihaknya mendapatkan sumbangan dari orang Malaysia sebesar US$ 5 juta. Tahir ingin mengagetkan orang ini dengan mengatakan akan menyumbang sebesar US$ 1 juta. Tetapi, karena bahasa Inggrisnya masih kurang, dia mengatakan jumlah US$ 100 juta.

Tahir meminta sumbangan ini digunakan untuk kepentingan Indonesia dan dunia. Karena hal ini pula, Bill Gates ingin bertemu dan berterima kasih kepadanya.

Mengenai sumbangan Tahir ke Jokowi, dia mengatakan bahwa dia mempunyai program yang konkrit. Hal ini membuat dia mantap memberikan sumbangan.

Selain itu, dia juga berusaha dengan cara uniknya ini agar Indonesia bebas dari korupsi. Menurutnya, ada 3 hal yang diperlukan untuk memberantas korupsi, yaitu perbaikan sistem, media dibuka dan peningkatan kesejahteraan.

Orang terkaya ke-12 di Indonesia ini juga menyampaikan beberapa tips bisnis agar sukses. Menurutnya, tidak ada rumus untuk membuat bisnis sukses. Dia berkeyakinan, kerja keras, kejujuran dan integritas adalah hal penting dalam berbisnis. Selanjutnya, semua diserahkan kepada Tuhan.

tahir, mayapada, orang terkaya, bisnis, pengusaha

BACA JUGA:

Dari Tugas Kuliah Hingga Kompetisi Wirausaha Muda Mandiri

Mengenal Pendiri PT Kalbe Farma, Boenjamin Setiawan

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *