Teropong Bisnis | Homepage
Gaji Pegawai di Beberapa BUMN

Gaji Pegawai di Beberapa BUMN

0 Comments 🕔21.May 2013

Menjadi karyawan di salah satu BUMN mungkin menjadi hal yang banyak diimpikan oleh para pencari kerja. Sudah bukan rahasia lagi jika BUMN dikatakan mampu dan mau memberikan gaji yang tinggi untuk fresh graduate ataupun pekerja yang baru saja menyelesaikan studinya. Karena alasan inilah banyak orang berlomba-lomba untuk mengikuti seleksi masuk BUMN. Walaupun begitu, ternyata masih ada beberapa BUMN yang memberikan gaji kecil kepada karyawannya.

Menurut Menteri BUMN, Dahlan Iskan, ada BUMN yang memberikan gaji yang rendah bahkan mungkin terendah dari kisaran gaji karyawan BUMN pada umumnya. PT Sang Hyang Seri (Persero) dikatakan sebagai BUMN yang menggaji karyawannya dengan upah yang terendah. Data yang dihimpun di lapangan menyebutkan bahwa BUMN yang bergerak di bidang pertanian ini hanya menggaji karyawannya sebesar Rp 900.000 per bulan. Nilai gaji yang terbilang sangat rendah bahkan untuk perusahaan swasta ini membuat banyak orang terkejut.

Kunjungan yang mengungkap kebenaran

Informasi tentang BUMN yang menggaji karyawannya dengan rendah ini didapatkan dari Menteri BUMN, Dahlan Iskan sendiri. Saat melakukan kunjungan beberapa waktu yang lalu ke BUMN yang terletak di daerah Sukamandi, Subang, Jawa Barat, Dahlan mendapati bahwa beberapa karyawan yang bekerja di PT Sang Hyang Seri hanya mendapatkan gaji sebesar Rp 900.000 setiap bulannya. Walaupun digaji dengan uang yang sedikit, para karyawan tersebut tetap diharuskan bekerja penuh seperti karyawan lain.

Kesenjangan semacam ini seharusnya tidak terjadi. Mendapati fakta ini, Dahlan langsung memberikan instruksi kepada BUMN tersebut untuk menaikkan gaji karyawan tersebut. Instruksi langsung dari Menteri ini membuat direksi merasa kebakaran jenggot dan akhirnya menaikkan gaji karyawan yang sebelumnya Rp 900.000 menjadi dua kali lipat. Dengan kenaikan gaji ini, diharapkan para karyawan dapat merasakan hasil kerja keras mereka dengan lebih baik. Kesenjangan antara BUMN yang besar dengan BUMN yang kecil memang menjadi hal yang tidak bisa terelakkan.

Gaji Pegawai di Beberapa BUMN

Perbedaan sistem yang mempengaruhi gaji

Seperti yang diketahui, BUMN-BUMN yang memiliki omzet yang besar memang dikenal sebagai BUMN yang mampu memberikan gaji yang tinggi dan kesejahteraan untuk para karyawannya. Walaupun memang terjadi kesenjangan, menurut Dahlan hal ini tidak bisa dipersoalkan. Perbedaan omzet dan sistem yang berbeda-beda membuat setiap BUMN mempunyai tingkat kemampuan yang berbeda -beda.

Pertamina dan Mandiri adalah beberapa BUMN yang memiliki omzet besar dan mampu memberikan gaji yang tinggi. Untuk BUMN yang memberikan gaji karyawan terbesar, Dahlan belum bisa memberikan kepastian. Menurutnya, BUMN yang memberikan gaji besar bukan menjadi urusannya. Walaupun begitu, menurut catatan detikFinance, direksi BUMN pada sektor perbankan memiliki gaji hingga Rp 250 juta lebih setiap bulannya. Untuk tingkatan pegawai, gaji yang didapatkan sedikitnya Rp 2 juta setiap bulannya.

Sumber

Gambar: liputan6.com; merdeka.com

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *